KENDARIPOS.CO.ID — Kerja keras Wali Kota Kendari, Bupati Konawe Utara (Konut) dan Bupati Bombana mengendalikan penyebaran Covid berbuah penghargaan. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Bupati Konut Ruksamin dan Bupati Bombana, Tafdil meraih penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penghargaan yang sama juga diraih Pemkab Muna Barat, Konawe Selatan, Kolaka, Buton Selatan dan Konawe Kepulauan. Penghargaan diserahkan Gubernur Sultra, Ali Mazi atas nama BNPB, Selasa (2/11).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik apresiasi yang diberikan Gubernur Sultra. Menurutnya, penghargaan tersebut tak lepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari satgas, TNI/Polri, instansi terkait, dan seluruh elemen masyarakat yang telah bahu membahu menangani covid di Kendari.

“Saya tegaskan bahwa ini hasil kerja keras semua pihak termasuk seluruh warga masyarakat Kota Kendari yang sudah berdisiplin mengikuti arahan pemerintah dan mematuhi protokol kesehatan tetapi jangan lengah karena pandeminya belum berakhir,” kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, dalam rapat koordinasi dan penguatan sinergi antar lembaga dan kemitraan dalam penanggulangan bencana tahun 2021 yang berlangsung di Claro Kendari, kemarin.

Wali Kota Sulkarnain mengatakan, penghargaan yang diberikan tidak lebih dari sebuah apresiasi. Pihaknya hanya berupaya maksimal menekan kasus Covid-19. Apalagi, saat ini masyarakat diperhadapkan dengan potensi gelombang ketiga covid.

“Meski saat ini perlahan angkanya sudah bisa kita kendalikan tapi yang perlu diingat wabahnya masih ada disekotar kita. Masih berpotensi menular. Ini yang kita tidak inginkan. Sehingga saya mengimbau seluruh pihak untuk bekerjasama mengatasi wabah ini,” kata Sulkarnain Kadir.

Selain karena sukses mengendalikan covid, pemkot dinilai sukses mengatasi dampak ekonomi dan sosial di masa pandemi. Misalnya, menyalurkan stimulus bantuan kepada sekira 8.437 warga (Nelayan, Pelaku UMKM, dan Karyawan korban PHK/dirumahkan), pemberian bantuan kepada anak yang orang tuanya meninggal karena covid, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Bupati Konut, Ruksamin mengatakan, penghargaan yang diraihnya bukan milik atau hasil kerja pribadi. Melainkan atas jasa dan kerja sama semua stakeholder, antara Pemerintah Daerah, Kecamatan, Desa, TNI/Polri dan seluruh elemen masyarakat serta lembaga yang berada di Konut.
“Karena tanpa sinergi, mustahil bisa mencapai titik saat ini. Tentu kita bersyukur kepada Allah SWT. Dengan penghargaan ini, kita tidak boleh berpuas diri atau terlena dengan hasil yang dicapai. Harus tetap waspada, agar terhindar dari pengaruh wabah Covid-19,” kata Ruksamin, kemarin.

Meskipun otorita yang dipimpinnya mengalami tren penurunan angka hingga zero covid, buka berarti Pemkab, masyarakat dan stakeholder di Konut bereuforia. Kewaspadaan dengan menjalankan protokol kesehatan tetap dilaksanakan demi keselamatan dan kesehatan bersama. “Salah satu penunjang keberhasilan mencapai nol kasus covid, karena konsistensi dalam penerapan Prokes. Maka dari itu, mesti dipertahankan secara terus menerus. Sampai wabah ini benar-benar sirna dari muka bumi,” tutup Ruksamin yang juga Ketua DPW PBB Sultra itu.

Bupati Konsel Surunuddin menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran OPD, TNI, Polri serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu membangun sinergi dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah Covid-19.

Bupati Surunuddin meminta masyarakat tidak terlena dengan keadaan, dan tetap disiplin menerapkan prokes Covid-19. “Tetap waspada dengan kemungkinan gelombang wabah berikutnya. Semoga dengan prestasi ini lebih memantapkan kinerja dan semangat kita dalam mencegah pandemi Covid-19 ini,” tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, Kota Kendari, Konut, dan Bombana menjadi salah satu daerah yang sukses mengendalikan covid. Itu tercermin dalam jumlah kasus aktif yang terus mengalami penurunan. Bahkan dibeberapa waktu lalu sempat zero kasus covid. “Ini patut kita apresiasi,” ujarnya

Politis Partai Nasdem Sultra ini berharap, tiga daerah itu senantiasa konsisten menangani covid termasuk mempercepat cakupan vaksinasi agar segera terbentuk Herd Immnunity.
Gubernur Ali Mazi berharap Sulkarnain, Ruksamin dan Tafdil mengambil langkah terukur salam penanganan covid dengan mengacu pada kebijakan pemerintah pusat serta memperkuat kerja sama dengan Forkopimda dan stakeholder dalam penanganan wabah ini. (ags/min/ndi/b)

Ruksamin : Penghargaan yang Diraih Bukan Hasil Kerja Pribadi

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.