ELYN IPO/KENDARI POS
KOTA CERDAS : Bupati Buton, La Bakry (kiri), didampingi Wakilnya, Iis Elianti (kedua dari kiri) usai menutup Bimtek penyusunan master plan smart city kemarin di aula Takawa Pasarwajo.

KENDARIPOS.CO.ID– Tahapan bimbingan teknis penyusunan master plan smart city di Kabupaten Buton, telah berakhir. Selasa (23/11), Bimtek keempat, sebagai tahapan terakhir resmi ditutup Bupati, La Bakry di aula Takawa Pasarwajo. Bupati mengapresiasi kerja sama yang terbangun antara Kementerian Kominfo dan Diskominfo Buton dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan berbasis teknologi informasi.

Ia mengatakan, ditetapkannya Buton menjadi salah satu daerah dalam gerakan menuju 100 smart city tahun 2021, harus disambut dengan bangga. Itu adalah momentum perbaikan dan evaluasi kinerja serta pelayanan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab). “Dasarnya kita sudah punya MoU bersama Kementerian Kominfo.

Bimbingan teknis smart city ini sebanyak empat tahap dan ini adalah yang terakhir. Kita sangat bersyukur dan semoga semua isi dari Bimtek ini sudah dipetik dan siap diimplementasikan,” katanya didampingi Wakil Bupati, Iis Elianti. Smart City atau kota cerdas lanjut dia, merupakan konsep pembangunan pemerintah daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi informasi, komunikasi dan inovasi. Tujuannya agar masyarakat merasa aman, nyaman, mudah, sehat, makmur.

Untuk mewujudkan itu, para perangkat daerah harus mengintegrasikan data, kemudian membuat pelayanan cepat dan menghadirkan teknologi yang mudah diakses dan dimanfaatkan semua pihak. “Dalam era kemajuan teknologi informasi saat ini, kita jangan sampai ketinggalan zaman. kita harus memanfaatkan kemajuan tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,”ujarnya.

Masih kata La Bakry, aplikasi online memang sudah mulai diterapkan di Kabupaten Buton sejak tahun-tahun sebelumnya, tapi belum dapat dikatakan smart. “Salah satu visi kita adalah mereformasi birokrasi. Artinya birokrasi kita harus smart, tapi itu pelan-pelan kita lakukan. Buton sudah online juga, tapi belum level smart,” pungkasnya. (b/lyn)

Tinggalkan Balasan