Sri Lestari

KENDARIPOS.CO.ID– Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) holistik integratif (HI) resmi diluncurkan. Peluncuran itu ditandai penyerahan Rencana Aksi Daerah (RAD) PAUD HI ke Pemkot Kendari melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Jumat (19/11). Naskah RAD itu diserahkan langsung Bunda PAUD Kota Kendari, Sri Lestari.

Penyerahan dokumen RAD kata Sri Lestari, merupakan penanda bahwa PAUD HI wajib terimplementasi pada satuan pendidikan dasar (PAUD) di Kendari. “Acara hari ini (kemarin) merupakan rangkaian dari peluncuran PAUD HI yang dilaksanakan pemerintah pusat pada Juni lalu. Kini, giliran daerah (Kendari),” ujarnya.

Menurutnya, penerapan PAUD HI sangat penting dalam rangka mewujudkan generasi yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Di sisi lain juga untuk memenuhi kebutuhan esensial anak. Misalnya dalam penanganannya mencakup seluruh aspek seperti kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan yang dilakukan secara terpadu.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Makmur menyambut baik RAD PAUD HI. Menurutnya, aksi tersebut sangat positif dalam rangka penanganan dan pengembangan PAUD di Kota Kendari. Saat ini, sudah terdapat 9 PAUD/TK Negeri yang disiapkan untuk mengimplentasikan PAUD HI. “Kesembilan satuan pendidikan dasar itu tersebar di delapan kecamatan. Kami harap PAUD holistik integratif ini menjadi landasan keberhasilan pendidikan anak-anak kita pada jenjang berikutnya,” kata Makmur. (c/ags)

Tinggalkan Balasan