Drs. Ali Koua

KENDARIPOS.CO.ID– Seluruh Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kendari kini menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) baik kelas I, II dan III. Awal September lalu, sekolah ini hanya prioritaskan siswa kelas III saja yang mengikuti PTM. Hal itu disampaikan
Kepala SMKN 1 Kendari, Drs. Ali Koua, kemarin.

Katanya,¬†sebelumnya dari total 1.457 siswa hanya sekira 460 an (kelas III) yang mengikuti PTM. “Hal ini karena adanya kekhawatiran dan masih dalam pandemi Covis 19, maka kita batasi seperti itu. Tapi alhamdulillah pada tanggal 2 November lalu kita sudah masukkan kelas I dan II secara bergiliran mengikjti PTM. Ini berdasarkan hasil rapat dewan guru dan skenario PTM yang dilakukan oleh sekolah dimana seluruh siswa kelas I dan II mulai masuk sekolah dengan menerapkan¬† Prokes ketat,” kata Ali Koua, kemarin.

Meski demikian, dijelaskan Ali Koua bahwa waktu belajar siswa kelas I dan II diberi shift pagi dan siang. Ini dilakukan karena masih ada kekhawatiran akan penyebaran Covid 19 di lingkungan sekolah. Makanya langkah pencegahan jauh lebih baik ketimbang mengobati ketika sudah terjadi.

“Dalam sistem shift kita punya 42 ruangan dan kita bagi anak-anak dalam ruangan-rungan yang ada. Siswa SMK kelas I bakal masuk pagi sampai pukul 11.00 Wita
dan siswa kelas II masuk siang mulai pukul 13.00-17.00 Wita dengan jumlah siswa dalam ruangan setengah dari kapasitas ruangan. Misalnya dari 36 siswa awalnya kini hanya 18 siswa saja dalam ruangan dan begitu seterusnya,” jelasnya.

Ia pun meminta kepada seluruh siswa dan guru agar betul-betul menerapkan protokol kesehatan saat berada di lingkungan sekolah. Hindari berkerumun, bila saatnya pulang langsung ke rumah masing-masing.

“Sebab strategi kita saat ini bagaimana  menghindari kerumunan atau jumlah siswa banyak yang masuk di sekolah sehingga meski sudah masuk semua tapi kita tetap gunakan sistem shift dalam rangka mencegah penularan Covid-19 meskipun pandemi di kota Kendari sudah mulai melandai,” tandasnya. (rah/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.