MA UMMUSSHABRI FOR KENDARI POS
Tiga Siswa Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri (MA Pesri) yang berhasil meraih Medali dalam ajang bergengsi Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN)

KENDARIPOS.CO.ID– Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri (MA Pesri) Kendari terus memacu diri untuk meningkatkan kualitas dan daya saing siswanya. Keberhasilan pada berbagai lomba, baik tingkat lokal maupun nasional menjadi salah satu indikator kualitas dan daya saing madrasah ini.

Teranyar adalah keberhasilan siswa-siswi MA Pesri pada ajang Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN) yang diselenggarakan oleh Lembaga Garuda Sains Indonesia. Tak tanggung-tanggung 3 siswa MA Pesri berhasil menyabet 3 medali dalam ajang nasional itu.

Adapu tiga siswa MA Pesri peraih medali yakni  Atia Laila mempersembahkan medali perak bidang bahasa Inggris, Laode Muh. Reyza Reynanto mempersembahkan medali perak bidang bahasa Inggris dan Alfayed Kohondi mempersembahkan medali perunggu bidang Kimia.

Kepala MA Pesri Kendari Agus Sugito, S.Th.I., M.Pd., mengaku bersyukur dan mengapresiasi prestasi yang diraih para siswanya itu. 

“Sebagai kepala madrasah saya tidak henti-hentinya bersyukur kepada Allah SWT atas anugerah-Nya yang senantiasa terlimpah kepada kami. Saya juga ucapkan selamat kepada para siswa hebat yang selalu semangat selama kompetisi berlangsung, serta guru pembimbing yang  luar biasa telaten, sabar dan penuh dedikasi dalam membina dan membimbing para siswa,” kata Agus Sugito (14/11). 

Dia menjelaskan upaya kolaboratif yang dilakukan antara siswa dengan guru melalui pola bimbingan yang teratur serta terukur, nyatanya menjadi kunci dalam menjaga dan meningkatkan semangat prestasi. Proses bimbingan merupakan ruang penguatan lanjutan, bagi para siswa yang terseleksi sebelumnya oleh guru pembimbing yang juga sebagai guru mata pelajaran. 

“Sejauh ini kami di Madrasah mempersiapkan dan merancang proses pembelajaran yang dapat dieksplor lebih luas oleh para guru serta siswa guna mempertajam pemahaman siswa,” jelasnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan capaian prestasi ini menjadi salah satu indikator bahwa proses pembelajaran di MA Pesantren Ummusshabri Kendari berlangsung secara efektif dan semakin korelatif. Terlebih terhadap tantangan pendidikan Abad 21, yakni untuk meningkatkan nalar kritis siswa dalam memecahkan kesulitan-kesulitan dalam proses pembelajaran. 

“Namun, harus selalu diingat bahwa prestasi yang telah diraih justru menjadi tantangan yang harus terus dijaga dan dikembangkan. Saya berharap seluruh  siswa selalu berupaya menjadi insan akademik yang lebih baik dari waktu ke waktu,” harapnya.

Sementara itu, salah satu pembimbing para siswa dalam ajang ini, La Ode Ilan S.Pd., amat  bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih oleh tiga siswa MA Pesri itu. 

“Alhamdulillah, sebagai salah seorang pembimbing saya mengapresiasi perolehan medali yang dipersembahkan oleh anak bimbingan kami siswa-siswi MA Pesri Kendari pada ajang OSSN. Prestasi ini tentu dapat mengangkat citra dan nama baik madrasah,” kata La Ode Ilan. 

Dia menambahkan prestasi yang diraih oleh tiga siswa ini tentu tak diperoleh begitu saja namun merupakan buah dari kerja keras mereka dalam belajar dengan mengikuti arahan dan tahapan bimbingan yang dilakukan oleh guru.

“Semoga prestasi seperti ini tidak menjadi alasan untuk cepat berpuas diri, akan tetapi justru dijadikan sebagai awal mula untuk melangkah lebih lanjut untuk mempersembahkan prestasi yang lebih luar biasa lagi,” tutupnya. (rah/b)

Tinggalkan Balasan