DISKOMINFO KOLTIM FOR KENDARI POS
SERAPAN RENDAH : Plh Bupati Koltim, H. Belli Tombili (kanan) ketika memberi pengarahan pada pimpinan OPD di lingkup Pemkab agar segera mengevaluasi penggunaan anggaran agar target serapan dapat terealisasi.

KENDARIPOS.CO.ID– Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dituntut mengendalikan tata kelola keuangan daerah dengan baik. Termasuk memantau seluruh program agar dapat berjalan dengan baik. Penegasan tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kolaka Timur (Koltim), H. Belli Tombili.

Ia mengingatkan, komunikasi antar sesama pimpinan OPD harus terus terjaga dalam pekerjaan membangun daerah. “Saya harap semua pimpinan OPD terus bekerja semaksimal mungkin, mengelola keuangan dan kegiatannya. Agar akhir tahun 2021, terlihat kinerja masing-masing perangkat daerah. Saya minta segera melakukan pelaksanaan kegiatan sosialisasi anggaran yang saat ini telah memasuki triwulan empat,” instruksi Belli, Jumat (5/11).

Kepala Biro Pembangunan pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut juga meminta Inspektorat melaksanakan tanggung jawabnya dalam percepatan pembangunan daerah. Belli menyebut, sesuai rilis data realisasi anggaran pendapatan belanja daerah hingga medio Oktober, serapan keuangan Kabupaten Konawe mencaiapi 61 persen.

Sementara Pemkab Koltim masih rendah, khususnya realisasi kegiatan fisik. “Nah, data ini harus dijadikan dasar, supaya bisa bekerja lebih mengejar ketertinggalan,” sorotnya, tanpa menyebut persentase serapan anggaran dimaksud.
Inspektur Koltim, Husain, mengaku, pihaknya memiliki kewenangan melakukan pembinaan dan pengawasan dalam penggunaan anggaran tersebut.

“Saya minta pimpinan OPD dan camat mempercapat serapan anggara, supaya waktu yang ada cukup untuk realisasi. Namun kami ingatkan, meski sementara percepatan, tetapi tetap mengedepankan petunjuk teknis dan pelaksanaan di lapangan dengan dasar hukum yang berlaku,” tandasnya. (c/kus)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.