KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan tahap tiga alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) di Kabupaten Wakatobi, mulai diproses. Memasuki bulan November ini, sudah ada sejumlah desa yang melakukan pencairan anggaran tahap akhir tersebut. Namun hingga saat ini, ternyata lebih banyak Pemerintah Desa yang belum menyerahkan usulan pencairan.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nur Bahtiar, menjelaskan, desa yang telah mengusulkan pencarian dana tahap III tersebut, kebanyakan untuk pembayaran bantuan langsung tunai (BLT). Sementara untuk anggaran kegiatan fisik dan lainnya, baru sedikit yang mengajukan usulan.

“Rata-rata yang baru cair itu BLT. Tapi, kalau sudah ada desa yang usul pencairan tahap III, sudah bisa diproses. Untuk saat ini belum banyak desa yang usulkan,” ungkap Nur Bahtiar, Kamis (18/11). Sementara itu, untuk pencairan tahap II baik ADD maupun DD, dipastikan Nur Bahtiar sudah tuntas. Saat ini Pemerintah Desa masih menyelesaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan tahap kedua yang menjadi salah satu syarat pencairan anggaran tahap akhir.

Nur Bahtiar

“Intinya untuk saat ini pencairan tahap terakhir, sudah siap diproses. Baik itu ADD maupun DD,” sambungnya. Untuk menghindari keterlambatan pencairan anggaran, Pemerintah Desa diharapkan segera menyelesaikan laporan kegiatan yang telah terelisasi. Apalagi akhir tahun 2021 tinggal hitungan hari saja. (b/thy)

Tinggalkan Balasan