PAHLAWAN: Bupati Buteng, H.Samahuddin (baju putih) bersama veteran pejuang kemerdekaan saat peringatan Hari Pahlawan ke-76.
YULI/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID– Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 berlangsung khidmat di pelataran kantor Bupati Buton Tengah (Buteng), Rabu (10/11). Seremoni yang dipimpin Bupati H. Samahuddin itu diikuti ratusan peserta. Momen itu, Samahuddin mengajak warganya untuk meneladani sikap dan semangat pahlawan yang telah banyak berjasa bagi kemerdekaan.

Dirinya juga mengingatkan pentingnya persatuan untuk Buteng yang lebih maju. Politik adu domba harus dihindari. Isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) jangan sampai menjadi pemicu perpecahan.

“Sikap toleransi dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika mesti diperkokoh dalam kehidupan sehari-hari. Kita semua bersaudara, sebangsa, dan setanah air. Lidi yang kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan,” ujar Buteng-1 itu. Lanjut Samahuddin, semangat gotong royong harus senantiasa digelorakan.

Dengan begitu, cita-cita para pahlawan bisa diwujudkan. Semangat pantang menyerah seyogianya diresapi dan dilestarikan agar selalu siap dalam menghadapi segala tantangan dan ancaman. “Pelajaran penting dari pahlawan yang bisa kita petik adalah semangat pantang menyerah. Sebagai kepala daerah, saya akan terus berusaha untuk memenuhi hak-hak warga saya. Termasuk dalam memberantas kemiskinan dan kebodohan,” tandasnya. (uli/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.