Surunuddin : Konsel Tumbuh dan Berkembang

KENDARIPOS.CO.ID — Agenda tahunan Kendari Pos bertajuk Safari Jurnalistik kembali digelar. Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjadi daerah pertama dijejaki. Wilayah yang dinakhodai Bupati Surunudin Dangga dan Wakil Bupati Rasyid itu dikunjungi Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin bersama manajemen Kendari Pos, Senin (8/11).

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (tiga) dari kanan menerima cendera mata dari Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (tiga dari kiri) saat safari jurnalistik Kendari Pos di kantor Bupati Konsel, Senin (8/11) kemarin. I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS

Diskusi pembangunan daerah menjadi diskusi utama dua pemimpin beda lembaga itu. Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menegaskan Konsel kini terus bertumbuh dan berkembang. Semua itu berlandaskan pada konsep pembangunan dari bawah, Desa Maju Konsel Hebat. Bupati Konsel dua periode itu memaparkan beragam program strategisnya yang sedang digencarkan untuk membangun daerah dan masyarakatnya. “Kami menitikberatkan arah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dari desa melalui konsep Desa Maju Konsel Hebat,” ujar Bupati Konsel, Surunuddin dalam diskusi bersama Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan manajemen Kendari Pos.

Bupati Surunuddin mengatakan, seluruh lapisan masyarakat dan Pemda Konsel harus ambil peran dalam mewujudkan SDM unggul menuju Desa Maju Konsel Hebat. “Peningkatan kualitas semua sektor pembangunan terus dimaksimalkan. Baik sektor infrastruktur pemerintahan, infrastruktur jalan, sektor pertanian, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan peningkatkan ekonomi hingga mewujudkan Desa Digital,” ujangkapnya.

Di bidang pertanian, Bupati Surunuddin mendorong masyarakat menggiatkan sektor pertanian, khususnya menanam tanaman komoditas ekspor karena bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan di Konsel. “Dengan sumber daya alam yang dimiliki, kami berupaya membangun kemandirian masyarakat Konsel. Kita maksimalkan program berbasis pedesaan yang berdampak positif bagi masyarakat,” kata dia.

Selain itu, Bupati Surunuddin sedang menuntaskan perbaikan jalan. Akses antarkecamatan kini sudah berlapis aspal. Merata, tanpa ada kecamatan yang dianaktirikan, baik dari pembagunan infrastruktur jalan dan jembatan, maupun pembangunan di sektor lainnya. Sebut saja di Kecamatan Laonti. Sebelumnya tidak pernah memiliki infrastruktur jalan yang memadai. Di era kepemimpinan Surunuddin Dangga sebagai Bupati Konsel barulah beberapa ruas jalan di Kecamatan Laonti teraspal. “Sudah tidak ada wilayah di Konsel yang terisolasi, karena akses sudah kita buka. Seperti di Kecamatan Laonti,” ungkap Bupati Surunuddin.

Saat ini, Pemkab Konsel mengebut pembenahan akses jalan Pudahoa – Andoolo sekira 3 kilometer. Jalan ini menjadi akses strategis kota Kendari-Andoolo. Begitupun sebaliknya. “Tahun ini dirampungkan, tahun 2022 sudah mulus teraspal,” tutur Bupati Surunuddin.

Dari segi pariwisata, Pemkab Konsel memoles potensi pariwisata demi menarik minat destinasi wisatawan. Bupati Surunuddin menyebut pembangunan sektor pariwisata di Desa Wisata Namu, permandian air terjun Moramo, taman nasional rawa aopa dan obyek wisata baru yang potensial lainnya.

Bupati Surunuddin menegaskan, saat ini Konsel menuju Kabupaten Smart City. mplementasinya melalui penyediaan internet di seluruh pelosok desa. Menekan wilayah blank spot. Semua itu guna mewujudkan desa maju dan tercapainya masyarakat sejahtera. Surunuddin menargetkan Konsel merdeka signal tahun 2022. “Pada sektor kesehatan, kami terus bergerak meningkatkan pelayanan. Saat ini, enam Puskesmas unggulan di Konsel,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Surunudin mengapresiasi dukungan Harian Kendari Pos terhadap proses pembangunan dan pemerintahan yang dijalankannya. Menurutnya, safari jurnalistik dan kehadiran Dirut Kendari Pos semakin mengokohkan silaturahmi yang sejak lama terjalin. “Silaturahmi ini akan semakin merekatkan sinergisitas antara Pemkab Konsel dan Kendari Pos,” tukasnya.

Sementara itu Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin takjub akan kepemimpinan Bupati Surunudin Dangga dan Wakil Bupati Rasyid. Menurutnya, pembangunan Desa Maju Konsel Hebat benar-benar direalisasikan. Semua tersaji sepanjang perjalanan dari Kota Kendari hingga ibu kota Kabupaten Konsel, Andoolo.

“Safari jurnalistik ini bagian dari mengokohkan sinergisitas Kendari Pos dan Pemkab Konsel yang selama ini telah terjalin. Kendari Pos siap bersinergi terlibat membangun Konsel melalui pemberitaan yang sifatnya konstruktif dan prestasi yang diraih Pemkab Konsel,” ujar Dirut Irwan Zainuddin. (ndi/b)

Bupati Surunudin Apresiasi Dukungan Kendari Pos

Membangun dari Desa

Desa Maju Konsel Hebat
-Bupati Konsel, Surunuddin Dangga membangun daerah dari desa
-Taglinenya Desa Maju, Konsel Hebat
-Konsep itu diusung Surunuddin sejak periode pertama menjadi bupati
-Menitikberatkan arah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dari desa
-Di periode kedua Bupati Surunuddin, Desa Maju, Konsel Hebat dilanjutkan
-Program kerjanya tertuang dalam visi misi dan RPJMD 2021-2026
-Konsep itu bukan sebatas jargon semata
-Bupati Surunuddin mewujudkannya dalam karya nyata
-Beragam infrastruktur yang menyentuh kebutuhan mendasar rakyatnya dibangun
-Kini Konsel terus bertumbuh dan berkembang

Fokus Program Periode Kedua
-Peningkatan kualitas semua sektor pembangunan
-Sektor infrastruktur pemerintahan
-Infrastruktur jalan
-Sektor pertanian
-Sektor pendidikan
-Sektor kesehatan
-Sektor pariwisata
-Peningkatkan ekonomi daerah dan masyarakat
-Mewujudkan Desa Digital

Sektor Pertanian
-Mendorong masyarakat giat menanam komoditas ekspor
-Muaranya kesejahteraan masyarakat meningkat dan angka kemiskinan turun
-Berbekal SDA, Surunuddin membangun kemandirian masyarakat Konsel

Infrastruktur Jalan
-Jalan kecamatan kini tersentuh aspal
-Di Kec. Laonti, sebelumnya tidak pernah diaspal
-Akses jalan darat terbuka
-Tidak ada lagi wilayah terisolasi
-Saat ini mengebut pembenahan akses jalan Pudahoa – Andoolo (3 Km)
-Ruas jalan ini menjadi akses dari Kota Kendari-Andoolo
-Tahun ini dirampungkan, tahun 2022 sudah teraspal

Sektor Pariwisata
-Pemkab Konsel memoles potensi pariwisata
-Untuk menarik minat destinasi wisatawan
-Ada desa wisata di Desa Namu
-Permandian air terjun Moramo
-Taman nasional Rawa Aopa

Menuju Kabupaten Smart City
-Konsel menuju Kabupaten Smart City
-Implementasinya, penyediaan internet di pelosok desa
-Menekan wilayah blank spot
-Surunuddin menargetkan Konsel merdeka signal tahun 2022

Sektor Kesehatan
-Surunuddin terus bergerak meningkatkan pelayanan-Saat ini, enam Puskesmas unggulan di Konsel

Karya Pembangunan Surunuddin
-Akses jalan dibenahi dan dibangun
-Jembatan dibangun pula
-Membangun rumah layak huni untuk warga kurang beruntung
-Beragam prestasi berbuah penghargaan inovasi dan iptek
-Tahun 2019, Konsel masuk nominator tujuh besar Budhi Praja
-Akses ke Kec.Laonti kini bisa melalui jalur darat
-Sebelumnya hanya bisa diakses melalui moda transportasi laut
-Kantor bupati dibangun megah dan modern
-Angka kemiskinan menurun

SUMBER : PEMKAB KONSEL
DATA DIOLAH KENDARI POS

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.