I NGURAH PANDI/KENDARI POS
ARAH PEMBANGUNAN : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kedua dari kiri) menandatangani pengesahan RPJMD 2021-2026 usai ditetapkan DPRD sebagai Perda, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID– Setelah melalui rangkaian pembahasan, rancangan peraturan daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun 2021-2026, akhirnya ditetapkan. Pengesahan dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo didampingi Wakilnya, Armal dan Hj. Hasnawati, Senin (15/11).

Dalam rapat paripurna, DPRD Konsel resmi menetapkan Raperda RPJMD menjadi peraturan daerah (Perda). Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dan Ketua DPRD, Irham Kalenggo disaksikan peserta rapat paripurna, melakukan penandatanganan dan penyerahan dokumen Perda tersebut untuk direalisasikan. “Kami mengapresiasi kinerja serta dukungan DPRD sehingga RPJMD tahun 2021-2026 Konsel bisa disetujui dan ditetapkan,” kata Surunudin didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekab), Sjarif Sajang, di hadapan anggota legislatif dari berbagai fraksi, kemarin.

Bupati dua periode itu menyebut, dalam RPJMD yang disahkan, tertuang empat program kerja prioritas Pemkab. Diantaranya, mendorong pengembangan SDM aparatur, legislatif dan masyarakat khususnya para Kelompok Tani. Kemudian mendorong peningkatan ekonomi berbasis pedesaan sesuai potensinya, dan penyelenggaraan sistem pemerintahan yang lebih baik dan profesional berbasis elektronik atau SPBE. “Serta yang menjadi perhatian lebih adalah efisiensi struktur anggaran, agar tidak terjadi defisit tahun mendatang,” terangnya.

Surunuddin mengungkapkan, tahun 2022 mendatang, Pemkab mencanangkan peningkatan produk ekspor di seluruh desa, baik bidang perikanan kelautan, perkebunan, peternakan maupun pertambangan. “Untuk itu, kami meminta para anggota Dewan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Pemerintah Desa, saling bersinergi dan berkoordinasi, sekaligus melakukan pengawasan terhadap program kerja Pemkab ini, demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu, pandangan akhir fraksi-fraksi DPRD yang dibacakan Dr. Sabrillah Taridala, mengungkapkan, Raperda RPJMD Konsel telah dikaji secara bersama. Melibatkan tim terpadu dari Pemkab dan Pansus RPJMD yang merupakan alat kelengkapan DPRD. “Atas nama DPRD Konsel seluruh fraksi, menyatakan menerima dan setuju terhadap RPJMD 2021-2026 untuk jadi Perda. Semoga dapat mendorong pembangunan segala bidang dan menyejahterakan masyarakat,” tutup Sabrullah Taridala. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan