Mulyanto

KENDARIPOS.CO.ID– Selain dana alokasi khusus (DAK), tahun ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi juga mendapat plot dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 80 juta. Anggaran tersebut kemudian dimanfaatkan untuk mengadakan 50 unit cold box untuk disalurkan kepada kelompok nelayan.

Peserta penerima bantuan itu telah mengusulkan sejak tahun 2020 lalu. Untuk satu kelompok nelayan yang beranggota 10 orang akan mendapatkan kotak penyimpanan hasil tangkapan ikan, minimal tiga unit atau paling banyak lima box. Penyerahannya dijadwalkan pada Desember mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKP Wakatobi, Mulyanto, menjelaskan, hampir setiap tahun instansinya ini mendapatkan DAK dan DAU dari Pemerintah Pusat. “Untuk DAK kita ada Rp 1,4 miliar tahun ini. Kalau DAU hanya Rp 80 juta saja,” rincinya, Jumat (5/11).

Mulyanto menjelaskan, penyerahan bantuan ini pun akan dilakukan bersamaan dengan bantuan dari DAK secara simbolis pada kantor DKP di Pulau Wangi-Wangi, lalu dibagikan ke semua kelompok sebagai peserta penerima yang tersebar di empat pulau besar. “Jadi, setiap tahun kelompok nelayan mengusulkan bantuan.

Jika tidak ada DAK, maka akan direalisasikan melalui DAU. Ada yang akan menerima cold box, jaring bahkan perahu lengkap dengan mesinnya,” pungkas Mulyanto. (c/thy)