HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
LAYAK HUNI : Serah terima buku tabungan bantuan stimulan perumahan swadaya bagi warga penerima yang dilakukan Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah (ketiga dari kiri), kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID–Sejumlah rumah tak layak huni di (RTLH) di Kabupaten Buton Utara (Butur) terus dibenahi secara bertahap. Terbaru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur menyalurkan bantuan buku tabungan pada 56 kepala keluarga yang kediamannya bakal dibedah melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS).

Seremonial penyerahan bantuan dilakukan langsung Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakaria di Aula Bappeda, Kamis (11/11). “Bantuan stimulan perumahan swadaya ini terbagi untuk warga Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat, Bonegunu dan Kulisusu Utara. Alokasi anggaran masing-masing sebesar Rp 20 juta.

Rinciannya, Rp 17,5 juta untuk biaya bahan bangunan dan ongkos tukang Rp 2,5 juta,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Butur, La Madia, kemarin. Ia menambahkan, total anggaran digelontorkan sebesar Rp 1,1 miliar dan dikalkulasi bisa membenahi 56 unit rumah warga di Lipu Tinadeakono Sara yang telah terverifikasi belum layak huni. “Kegiatan pembenahan RTLH dilakukan secara bertahap,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah, berharap, bantuan perumahan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya secara maksimal agar tetap sasaran sesuai tujuannya. Saat ini secara nasional ada sebanyak 3,4 juta unit RTLH. Sementara untuk Kabupaten Butur berjumlah 4. 529 unit. “Hidup bersih merupakan salah satu upaya cegah tertularnya Covid-19, diantaranya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan tinggal di rumah layak huni,” pinta Butur-1 itu. (b/had)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.