Haliana

KENDARIPOS.CO.ID–Selain One Island One School, salah satu program unggulan pemerintahan Bupati Wakatobi, H. Haliana dan Wakilnya, Ilmiati Daud yang mendapat perhatian adalah kucuran anggaran Rp 1 miliar untuk satu desa. Program tersebut tidak akan direalisasikan dalam bentuk pemberian uang tunai.

Melainkan akan disalurkan melalui program atau pekerjaan yang diusulkan masyarakat melalui Musrenbang tingkat desa/kelurahan setiap tahun.

Haliana menjelaskan, pemberian anggaran dalam program Rp 1 miliar tiap desa tersebut bisa kurang atau juga lebih. Semua tergantung kolaborasi kewenangan antara Pemerintah Desa dan Kabupaten. “Bisa saja disalurkan secara merata atau sebaliknya. Hal ini pula akan dilihat berdasarkan usulan yang jadi area intervensi atau kewenangan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Wakatobi.

Bentunya bukan berupa uang tunai. Intinya ini program yang diusulkan masyarakat. Ada hal-hal yang tidak bisa diselesaikan Pemerintah Desa, karena persoalan keterbatasan kewenangan itu kita intervensi dengan program-program dari Pemkab,” urai Haliana, Selasa (2/11).

Wakatobi-1 itu juga menegaskan, meratanya program untuk desa tergantung intervensi APBD. “Masyarakat kita beri peran dalam memberikan usulan pada Musrenbang,” tandasnya. (b/thy)