TUMBUHKAN SEMANGAT WIRAUSAHA: Peserta workshop kewirausahaan generasi muda Buteng di Aula lantai IV Kampus B USN Kolaka Buteng, Rabu (3/11).
YULI/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID– Generasi milenial di Buton Tengah (Buteng) didorong untuk berwirausaha. Terlebih, membuka lapangan kerja, bernilai positif buat kemaslahatan orang banyak. Pernyataan itu disampaikan Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Dr. Azhari, S.STP., M.Si, secara virtual saat membuka workshop kewirausahaan generasi muda Buteng di Aula lantai IV Kampus B USN Kolaka Buteng, Desa Wakambangura, Kecamatan Mawasangka, Rabu (3/11).

Kegiatan bertajuk “Pembentukan karakter kewirausahaan di kalangan generasi muda Buteng” itu dihadiri Wakil Bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Dr. Ruslin Hadanu, Pengelola Kampus B USN Kolaka Dr. Muis, Sekretaris LPPM-PMP USN Tasrim, S.Pd., M.Pd, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi USN Rina Rembah, S.T., M.T, CPHM serta civitas akademika USN, sejumlah kepala sekolah, guru dan siswa SMA sederajat di Buteng. Dalam sambutannya, Dr. Azhari mengajak peserta untuk bisa membangun usaha sendiri.

Walaupun dimulai dari modal yang kecil, dengan dibarengi niat, tekad, kerja keras dan doa, maka pasti akan membuahkan hasil. “Kita harus berupaya membuat lapangan kerja bagi kemaslahatan banyak orang. Tidak semua usaha harus bermodal besar. Dengan modal kecil pun kita bisa memulai. Kita berusaha bukan karena orang tua kita kaya atau punya modal, tapi mari kita belajar, membaca apa saja, jangan pernah berhenti, dan tinggalkanlah hal-hal yang tidak bermanfaat,” pinta jebolan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri itu.

Kehadiran Kampus B USN Kolaka di Buteng, menurutnya, karena USN Kolaka diarahkan pada bidang ilmu kemaritiman dan kelautan dengan cakupan bidang ilmu yang ada dan Buteng memiliki potensi dan daya dukung unggulan yang sangat besar. “Laut kita terbentang luas. Potensi ini hanya bisa dioptimalkan jika kita memiliki tenaga-tenaga yang punya skill di bidangnya. Karenanya, jangan yang lain berkembang, kita tidur.

Saya sangat berharap pada mahasiswa terutama siswa SMA, SMK, MA yang hadir, dapat memetik ilmu dan pengetahuan untuk menyongsong perubahan dan masa depan yang cerah dan baik,” tandasnya. Sementara itu, Ketua Panitia, Tasrim, S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan ini diikuti 500 peserta. Tujuannya, menyongsong dinamika perubahan khususnya bagi generasi yang akan datang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mempersiapkan karakter entrepreneur (wirausahawan). (uli/b)