-Triwulan III, Capai Rp 21,69 Triliun


KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi covid-19 yang melanda Sultra bukan halangan bagi investor. Faktanya, realisasi investasi tahun 2021 dipastikan mampu melampaui target. Hingga akhir triwulan ketiga, nilai investasi yang masuk di Sultra telah mencapai Rp 21,69 triliun atau lebih besar sekitar Rp 400 miliar dari target tahun ini sebesar Rp 21,29 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Sultra, Parinringi mengatakan iklim investasi di Bumi Anoa terus menunjukan tren membaik. Hal ini terlihat dari realisasi investasi. Di sisi lain, Sultra kini menjadi salah satu daerah primadona yang aman dan diminati untuk berinvestasi.

“Alhamdulillah, target tahun ini dapat terlampaui. Di sisa waktu yang ada, kami akan berusaha optimal agar serapan investasi di Sultra terus bertambah. Capaian ini sangat berdampak positif besar terhadap perekonomian daerah,” kata Parinringi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/11) kemarin.

Dari pencapaian realisasi investasi tersebut, kata dia, sektor yang paling berperan atau penyumbang nilai investasi yang sangat besar yakni sektor industri. Beberapa industri yang berperan vital dalam serapan investasi yakni ada PT. OSS, PT.Virtue Dragon Nikel Industry dan PT. Tiran dan perusahaan lainnya yang tersebar di sejumlah daerah.

“Sektor lain ikut berkontribusi seperti pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan, dan lain-lain. Sektor-sektor tersebut juga sebagai bagian penting dalam serapan dan realisasi investasi, namun besarannya tidak sebanding dengan sektor industri,” urainya.

Ilustrasi (net)

Jika melihat grafik, realisasi investasi selalu melampaui target. Tahun 2020, nilai investasi mencapai Rp 21,13 triliun dari target sebesar Rp 11,50 triliun. Padahal saat itu pandemi sedang parah-parahnya. Pencapaian ini tak lepas dari kemudahan yang diberikan Pemprov Sultra.

“Tahun 2019, kita juga melampaui target. Dari Rp 14,50 triliun yang ditargetkan, hasil yang dicapai menyentuh angka Rp 18,64 triliun. Jadi, Sultra sebagai salah satu daerah dengan potensi ekonomi yang sangat tinggi. Kita berharap pencapaian terus konsisten. Demi terciptanya kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” tandas Parinringi. (b/ali)

Realisasi Investasi
2021
Target Rp 21,29 Triliun
Triwulan III Rp 21,69 Triliun (Masih Akan Bertambah)
2020
Target Rp 11,5 Triliun
Terealisasi Rp 21,13 Triliun
2019
Target Rp 14,5 Triliun
Terealisasi Rp 18,64 Triliun

Penyumbang Terbesar
-Sektor Industri
PT. OSS, PT. VDNI dan PT. Tiran
-Disusul Pariwisata, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.