Sitti Saleha

-Transaksi Lelang Capai Rp 224 Juta

KENDARIPOS.CO.ID–Keberadaan tengkulak menjadi momok bagi petani dan nelayan. Pasalnya, harga yang ditawarkan terkadang tak sebanding dengan jerih payah mereka. Atas dasar itulah, Pemprov Sultra melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memfasilitasi pemasaran hasil produk pertanian dan pertanian melalui pasar lelang.

Kepala Disperindag Sultra, Sitti Saleha mengatakan, pasar lelang sengaja dilaksanakan pemerintah untuk mendorong kesejahteraan petani dan nelayan. Melalui proses lelang komoditi agro, para petani dan nelayan (pelaku usaha) bisa langsung bernegosiasi terkait harga tanpa melibatkan unsur pihak ketiga atau para tengkulak yang kerap merusak harga komoditi. “Selama ini yang diuntungkan adalah pihak ketika akibat akses yang sulit bagi masyarakat dalam menembus pasar. Nah, melalui lelang ini pelaku usaha langsung kita pertemukan dengan pembeli. Sehingga mereka bisa memperoleh keuntungan yang sewajarnya,” kata Sitti Saleha kemarin.

Untuk kali ini lanjut mantan Pj Bupati Bombana ini, total transaksi mencapai Rp 224 juta. Transaksi ini disumbangkan dari empat komoditas yakni madu, beras merah organik, kopra dan bibit ikan. Ke depan, pihaknya masih akan menggelar pasar lelang dengan membuka ruang yang lebih luas untuk seluruh komoditi agro Sultra seperti mete, cengkeh, jahe merah, gula aren, ikan, kepiting, udang dan masih banyak lagi.

Ia memastikan lelang dibuka untuk umum termasuk untuk masyarakat yang berdomisili di luar Sultra. Pasalnya, pasar lelang bisa diakses secara online melalui aplikasi zoom. Apalagi pemerintah telah menyiapkan aplikasi pasar lelang terpadu yang bisa didown load di play store. (b/ags)

LM SYUHADA RIDZKY/KENDARI POS
NELAYAN : Jerih payah nelayan kerap tak sebanding dengan hasil yang diperoleh. Untuk memudahkan pemasaran, Pemprov Sultra melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) rutin menggelar pasar lelang. Seorang nelayan tampak memperbaiki jalanya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.