ILUSTRASI


-3.360 Guru Sudah Divaksin

KENDARIPOS.CO.ID–Pemkot Kendari berencana mengizinkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di seluruh sekolah di Kota Lulo. Pertimbangannya merujuk pada cakupan vaksinasi tenaga pendidik (guru) yang saat ini sudah mencapai 82,57 persen atau sebanyak 3.260 dari 3.948 sasaran telah divaksin.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, Makmur mengatakan cakupan vaksinasi untuk kelompok guru sangat baik. Atas dasar itulah, pihaknya berencana membuka PTM secara penuh. “Jika kondisi betul-betul sudah memungkinkan kita akan dorong supaya sekolah kita bisa (PTM) 100 persen,” kata Makmur, kemarin.

Mantan Asisten I Pemkot Kendari ini menyakini pemberian vaksin kepada guru bisa mencegah penularan covid pada satuan tingkat pendidikan, utamanya melindungi guru dan muridnya yang melaksanakan PTM. Saat ini, pihaknya terus mengupayakan pemberiannya hingga mencapai 100 persen.

Termasuk vaksinasi terhadap pelajar yang saat ini cakupan baru mencapai 49,46 persen atau sekitar 8.513 anak dari 17.213 sasaran telah divaksin.
“Kita targetkan sebelum memasuki tahun semester kedua pembelajaran 2021-2022 semuanya sudah divaksin. Kecuali bagi mereka yang komorbid (punya penyakit bawaan) sehingga tidak memungkinkan mereka untuk mendapatkan vaksin,” kata Makmur.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik cakupan vaksinasi bagi tenaga pendidik. Menurutnya, kesadaran para guru untuk terhindar dari penularan covid sudah sangat baik. Tinggal perlu ditingkatkan agar seluruhnya bisa tervaksin. Sementara bagi pelajar, meski bukan menjadi syarat untuk melaksanakan PTM, namun pemberian vaksin penting dilakukan dalam rangka melindungi para generasi muda dari penularan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu. “Sebaiknya divaksin,” ujarnya. (b/ags)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.