Foto bersama usai penyerahan bantuan lapak sol sepatu.

KENDARIPOS.CO.ID – PT. Pegadaian Syariah (Tbk) Kantor Cabang Kadia Kendari kembali menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulawesi Tenggara dalam proses penyaluran Dana Kebajikan Ummat (DKU). Program kali ini merupakan pemberdayaan ekonomi masyarakat berupa bantuan lapak sol sepatu dan sendal. Juga ada tabungan emas dan modal usaha.

Penerima manfaat lapak sol sepatu dan Sendal berjumlah tujuh orang. Lokasinya tersebar di Kota Kendari: Pasar Panjang, Pasar Baru, Pasar Lawata, dan sekitar wilayah kampus Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Mereka (penerima manfaat), mayoritas penyedia jasa jahit sepatu dan sendal sejak lama. Bahkan ada yang sudah menyediakan jasanya berkisar 5 tahun hingga 17 tahun tahun. “Kami sangat senang dengan bantuan ini,” ujar Laode Talisu, salah seorang penerima manfaat, Kamis (4/11/2021).

Pria berusia 59 tahun ini, sudah melakoni pekerjaannya sebagai penyedia jasa sol sepatu sekitar 17 tahun. Dia mengaku baru kali ini mendapat bantuan lapak sol dari PT. Pegadaian Syariah dan IZI Sultra.

“Terima kasih PT Pegadaian dan IZI Sultra yang sudah memberikan kami lapak, lengkap dengan kursi, payung dan modal usahanya. Saya sangat senang sekali. Karena selama 17 tahun bekerja sebagai penjahit sepatu dan sendal baru kali ini saya dapat bantuan seperti ini,” ucapnya dengan raut wajah bahagia.

Ketua IZI Sultra, Ramli dan Kepala Cabang Pegadaian Syariah Kadia, Elwin August saat memberikan sambutan dalam acara launching dan penyerahan bantuan kepada masyarakat Kota Kendari.

Elwin August, R.S.,SE., Selaku Kepala Cabang Pegadaian Syariah Kadia Kota Kendari, menjelaskan, program ini merupakan bentuk kepedulian Pegadaian Syariah kepada penyedia jasa sol sepatu dan sendal.

“Program mulia ini, sebagai bentuk apresiasi pegawai dan nasabah Pegadaian Syariah kepada penyedia jasa sol sepatu atau penjahit sepatu dan sendal. Mereka sudah menjalankan usahanya selama bertahun-tahun, namun kondisi tempatnya masih sangat sederhana. Itu yang menjadi sasaran kita,” jelas Elwin August.

Elwin baru tiga bulan lebih menduduki posisi itu. Namun dia menegaskan komitmennya membantu masyarakat yang membutuhkan. Dirinya juga meminta doa kepada para penerima manfaat untuk seluruh karyawan dan nasabah Pegadaian Syariah.

“Doakan kami, karyawan dan nasabah Pegadaian Syariah senantiasa diberikan keberkahan dan kelancaran pada setiap urusan,” pintanya.

Kepala Kantor Cabang IZI Sultra, Ramli, S.Hi menyampaikan terima kasih kepada Pegadaian Syariah yang telah bekerja sama dengan IZI Sultra dalam pelaksanaan program mulia ini.

“Kamis berharap, bantuan ini bisa mengangkat perekonomian penerima manfaat terlebih pada masa pandemi saat ini” ungkap Ramli.

Proses launching sekaligus penyerahan lapak SOL Sepatu dan Sendal yang terletak di Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara berjalan sangat khidmat meski kondisi hujan yang cukup deras.

Selanjutnya, setelah proses penyerahan selesai, relawan lapangan IZI Sultra melakukan mobilisasi Lapak SOL ke lokasi tempat penerima manfaat menjalankan usahanya tersebut. (ilw)