AGUS SETIAWAN/KENDARI POS
BALAI KOTA : Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (dua dari kanan) meninjau lokasi pembangunan Balai Kota Kendari. Pembangunan gedung ini ditargetkan rampung tahun 2022.


KENDARIPOS.CO.ID– Pembangunan Balai Kota Kendari terus dikebut. Hingga kini, progresnya sudah mencapai 75 persen. Jika tak ada kendala, gedung ini akan diresmikan tahun depan. Pada pengerjaan tahap II, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengalokasikan anggaran sebesar Rp 80 miliar. “Alhamdulillah, pengerjaan gedung Balai Kota Kendari terus berlangsung. Sampat saat ini, progresnya telah mencapai 75 persen. Kami optimis proyek ini bisa dirampungkan sesuai kontrak,” beber Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari kepada Kendari Pos, Senin (15/11).

Proyek ini dibagi dalam tiga tahapan. Tahap pertama, pembangunan gedung parkir dan podium yang menelan anggaran sebesar Rp 57 miliar. Pengerjaannya telah rampung tahun 2019. Tahap II meliputi perampungan interior. Namun karena refocusing anggaran, pengerjaannya baru dilanjutkan tahun 2021 ini.

Di gedung baru ini lanjutnya, Pemkot bakal menghadirkan Mall Pelayanan. Rencana, pusat layanan masyarakat itu bakal buka setiap hari. Warga bakal semakin dimudahkan mengurus berbagai keperluan administrasi. Diantaranya, adminsitrasi kependudukan (adminduk), SIM (Surat Ijin Mengemudi), Paspor dan perijinan lainnya dalam satu tempat (One Stop Service).

Tidak hanya sekedar One Stop Service, pihaknya memastikan pelayanannya berlangsung setiap hari, termasuk hari Sabtu dan Minggu. “Kami sedang meranang konsep pelayanan kepada masyarakat tanpa hari libur. Cuma digilir nanti pegawainnya supaya tetap mendapatkan hak-haknya. Nanti kita back up Sabtu Minggu bisa buka,” kata Sulkarnain.

Saat ini, Pemkot masih fokus pada penuntasan gedung area parkir dan gedung Podium. Sementata pengerjaan tower juga sementara dikebut. Proyek yang dimulai sejak 2019 lalu ini menelan anggaran sekira Rp 250 miliar. Pembiayaannya secara multi years terbagi kedalam III tahap. (b/ags)

Tinggalkan Balasan