Rahma/Kendari Pos
Rektor Universitas Halu Oleo, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., saat memindahkan tali toga wsudawan terbaik UHO periode Juli-Oktober 2021di Gedung Sport Center UHO, Senin (8/11). 

UHO Telorkan 2.132 Alumni

KENDARIPOS.CO.ID– Sebanyak 2.132 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengikuti seremoni wisuda periode Juli hingga Oktober 2021 secara langsung dan secara online, Senin (8/11) di Gedung Sport Center UHO.

Sebanyak 26 mahasiswa wisudawan terbaik mengikuti prosesi wisuda secara langsung  yang dipusatkan di gedung Sport Center UHO dan wisudawan lainya serta pendamping atau orang tua wisudawan mengikuti secara online,Senin (8/11).
Dalam sambutanya, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengatakan hari ini para wisudawan  telah menunjukkan keberhasilan dalam menempuh pendidikan di UHO. Selaku Rektor dan pribadi serta mewakili segenap Sivitas Akademika UHO, mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan saudara-saudari dalam menempuh pendidikan di UHO.

“Kepada orang tua Wisudawan-wisudawati, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan putra-putri bapak dan ibu dalam menyelesaikan pendidikan sampai pada tahap ini. Hal ini tentu merupakan kesuksesan dan kebahagiaan orang tua dan keluarga. Semoga Allah SWT memberkahi dan memberi kemudahan kepada putra-putri Bapak dan Ibu, sehingga kesuksesan yang telah dicapai hari ini dapat mengawali kesuksesan berikutnya, Aamiin,”kata Prof Zamrun.

Dia mengungkapkan wisudawan yang hadir secara langsung di ruangan Sport Center hanya wisudawan program S3 dan wisudawan lulusan terbaik masing-masing fakultas atau Program studi, sedangkan wisudawan lainnya bersama pendamping dan para undangan turut menghadiri melalui aplikasi zoom di tempat masing-masing. Upaya ini dilakukan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

“Jumlah Wisudawan dan Wisudawati pada wisuda kali ini  sebanyak 2.132 orang, yang tersebar dalam 15 Fakultas, 1 Program Pendidikan Vokasi, dan 1 Program Pascasarjana. Sebanyak 26 wisudawan terbaik mengikuti wisuda secara langsung sementara untuk peserta wisuda lainya bersama pendamping mengikuti melalui zoom meeting,” terang Prof Zamrun.

Selanjutnya, Ketua KAGAMA Sultra ini menjelaskan bahwa total wisudawan yang ada tersebar di Program Pascasarjana (PPs) terdiri dari Program Doktor sebanyak 7 orang, dengan rata-rata IPK 3,85 dan rata-rata lama studi 6 tahun 4 bulan, Program Magister 183 orang dengan lPK rata-rata 3,72  dan rata-rata lama studi 2 tahun 6 bulan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 470 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,30 dan rata-rata lama studi 4 tahun 8 bulan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 160 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,32 dan rata-rata lama studi 4 tahun 6 bulan.

Kemudian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 301 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,31 dan rata-rata lama studi 4 tahun 6 bulan, Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 121 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,20 dan rata-rata lama studi 5 tahun 2 bulan, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 78 sarjana, dengan IPK rata-rata 3,23 dan rata-rata lama studi 5 tahun 1 bulan.  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 72 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,22 dan rata-rata lama studi 5 tahun 2 bulan.

Selanjutnya Fakultas Hukum (FH) sebanyak 113 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,37 dan rata-rata lama studi 4 tahun 6 bulan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) sebanyak 107 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,15 dan rata-rata lama studi 5 tahun 3 bulan, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) sebanyak 74 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,55 dan rata-rata lama studi 4 tahun 5 bulan, Fakultas Kedokteran (FK) sebanyak 13 orang Sarjana, dengan rata-rata IPK 2,85 dan lama studi 5 tahun 8 bulan, Profesi Dokter sebanyak 25 orang, dengan IPK rata-rata 3,32 dan rata-rata lama studi 3 tahun 2 bulan.

Ditambah lagi Fakultas Peternakan (FPt) sebanyak 38 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,3 dan rata-rata lama studi 4 tahun 8 bulan, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) sebanyak 37 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,26 dan rata-rata lama studi 4 tahun 10 bulan, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) sebanyak 86 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,44 dan rata-rata lama studi 4 tahun 9 bulan.
Fakultas Farmasi (FF) sebanyak 61 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,14 dan rata-rata lama studi 4 tahun 4 bulan; Apoteker 22 orang, dengan IPK rata-rata 3,66 dan rata-rata lama studi 1 tahun 0 bulan , Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITK) sebanyak 46 orang sarjana, dengan IPK rata-rata 3,23 dan rata-rata lama studi 5 tahun 7 bulan serta Program Pendidikan Vokasi (PPV) sebanyak 118 orang Diploma, dengan rata-rata IPK 3,17 dan rata-rata lama studi 4 tahun 2 bulan.

“Dari jumlah wisudawan tersebut, beberapa mahasiswa meraih penghargaan sebagai lulusan terbaik. Tentu ini merupakan kehormatan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang meraih penghargaan sebagai lulusan terbaik. Mereka tentu telah menunjukkan prestasinya yang luar biasa selama menempuh pendidikan di UHO, mereka adalah lulusan terbaik pada bidangnya masing- masing,” jelasnya.

Selaku pimpinan UHO, tak lupa ia mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menjadi lulusan terbaik saat ini. Bagi yang belum berhasil menjadi lulusan terbaik, jangan berkecil hati, masih ada kesempatan selanjutnya yang dapat ditempuh untuk menjadi yang terbaik.

“Bagi yang mau melanjutkan studi, silakan dilanjutkan. Semoga diwisuda berikutnya, bisa tetap menjadi lulusan yang terbaik,” ucapnya.

Guru besar bidang Ilmu Fisika ini, menambahkan  keberhasilan bagi para wisudawan tentunya merupakan karunia dan nikmat dari Allah SWT.  Wisuda bukanlah akhir untuk berhenti belajar, namun sebaliknya ilmu yang sudah didapatkan di kampus akan dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin komplek ke depan.

“Belajar itu adalah sebuah peristiwa mental atau sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon tapi lebih dari itu, bahwa belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan ketulusan hati untuk diniatkan membantu sesama,” ungkapnya.

Ilmu yang telah didapatkan selama kuliah di UHO, kata Zamrun bisa mengantarkan anda untuk mencapai kesuksesan berikutnya, seperti apa yang telah anda cita-citakan sebelumnya. Kejarlah impian setinggi- tingginya. Jangan mudah menyerah, jadilah alumni yanh tangguh, kreatif dan inovatif sehingga bisa menghadapi tantangan demi tantangan untuk bisa mencapai tujuan dan cita-cita.

“Kami berharap seluruh wisudawan bisa menjadi lebih sukses. Tongkat estafet kepemimpinan akan berada di tangan generasi muda berikutnya, termasuk para wisudawan semua. Untuk itu, siapkan dan pantaskan diri anda jauh-jauh sebelum kesempatan itu datang. Bekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang memadai agar anda bisa lebih baik. Bangsa ini membutuhkan anda semua untuk menjadi pemimpin-pemimpin yang enerjik, kreatif dan inovatif yang mampu membawa pembaharuan dan mampu menyesuaikan diri dari berbagai tantangan dan keadaan yang kurang mendukung,” ungkasnya.

Sementara itu, salah satu wisudawan  terbaik universitas untuk lulusan Sarjana, Siska Irawati Basirun tak lupa memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tentunya capaian IPK sempurna yang diraih yakni 4,0 dengan lama studi 3 tahun 1 bulan dari Program Studi (Prodi) Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tak diperoleh sendiri melainkan berkat doa dan dukungan seluruh pihak baik seluruh Sivitas akedmik UHO, teman dan keluarganya.

“Tips memperoleh prestasi tentu amat simpel hanya dengan tekun, terus berusaha dan jangan pernah berhenti untuk bergerak. Terpenting selalu luangkan  waktu untuk belajar dan jadikan aktifitas membaca sebagai hobi agar bisa terus dilakukan setiap saat dan setiap waktu,” ucapnya.(rah/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.