Darwin Ismail

KENDARIPOS.CO.ID– Nama Kabupaten Bombana kembali besinar di level nasional. Daerah yang dipimpin H.Tafdil tersebut mendapatkan pegakuan di bidang kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Adalah Puskesmas Poleang yang menerima penghargaan nasional dalam kategori puskesmas terbaik dalam penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) saat peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 57.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana, Darwin Ismail menyebut, penghargaan ini tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh tenaga kesehatan, yang terus berupaya bekerja maksinmal. Sehingga kriteria penilain memenuhi standar serta memperoleh hasil yang memuaskan.

“Kriteria penilaian yaitu puskesmas yang memiliki indeks keluarga sehat (IKS) tertinggi. Penghargaan dengan kategori tersebut diberikan untuk tingkat nasional, berdasarkan karakteristik wilayah kerja dan tingkat provinsi,”ungkapnya. Lanjut dia, program PIS-PK merupakan, salah satu program Puskesmas yang menggunakan pendekatan keluarga untuk meningkatkan jangkauan sasaran. Program ini untuk mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerja puskesmas dengan langsung mendatangi keluarga. “Kebanggan kami, karena Puskesmas Poleang meraih penghargaan pada kategori Puskesmas dengan IKS tertinggi tingkat provinsi dan nasional,”ungkapnya

Berdasarkan karakteristik wilayah kerja terpencil, semua itu tidak lepas dari personel Puskesmas Poleang, terutama TIM PIS-PK itu sendiri yang telah meningkatkan capaiannya dalam intervensi PIS-PK dan penginputan data PIS-PK. Ia berharap puskesmas lain dapat meningkatkan capaiannya agar dapat mencapai target yang telah ditentukan.

“Data PIS-PK ini sebagai dasar utama untuk menemukan permasalahan yang ada dalam keluarga,”pungkasnya. (idh/b).

Tinggalkan Balasan