Iis Elianti

KENDARIPOS.CO.ID– Setelah mengalami penundaan cukup lama, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buton akhirnya diagendakan ulang. Berdasarkan surat keputusan Bupati Buton nomor 353 tentang waktu pelaksanaan dan desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak, pesta demokrasi itu akan digelar 4 Desember mendatang.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, mengatakan penundaan berkali-kali atas jadwal Pilkades bukan kehendak Pemkab, namun menyesuaikan dengan instruksi Kemendagri. Kini, pembatasan kegiatan masyarakat mulai dilonggarkan sehingga Pilkades sudah bisa digelar.
“Meski sudah diizinkan tapi tetap kita harus mematuhi Prokes. Tidak boleh lengah, karena covid ini belum selesai,” katanya, Minggu (7/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buton, Murtaba Muru, mengatakan tahapan Pilkades sudah berjalan sejak April lalu meski kepastian hari H baru di SK-kan beberapa waktu lalu. “Sudah jalan dan telah ada nomor urutnya para calon. Akhir November ini kampanye, nanti masuk Desember masa tenang, tanggal 4 pencoblosan,” katanya.

Mantan Inspektur Kabupaten Buton ini menambahkan, untuk menghindari kerumunan, panitia sudah menyiapkan TPS dan kotak suara yang lebih dari biasanya. “Tetap protokol kesehatan, pakai masker dan jaga jarak,” tambah Murtaba Muru. (b/lyn)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.