WA ODE AMALA AHZA/KENDARI POS
PENINGKATAN EKONOMI : Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kiri) menyaksikan Ketua DPRD, H. Zahari menandatangani nota kesepahaman KUA-PAAS untuk pembahasan APBD tahun 2022.

-MoU KUA-PPAS 2022 Ditandatangani

KENDARIPOS.CO.ID– Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Baubau, sudah menuntaskan pembahasan kebijakan umum anggaran dan priorotas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) tahun 2022. Meski diwarnai dengan perdebatan alot, solusi konstruktif tetap menghasilkan mufakat. Senin (22/11), Pemkot bersama DPRD menandatangani kesepahaman bersama itu dalam seremoni paripurna di gedung parlemen.

Dalam laporannya, Juru Bicara Banggar DPRD Kota Baubau, Ardin Jufri, menyampaikan sejumlah hal pokok yang disepakati dalam pembahasan KUA-PPAS itu. Penetapan proyeksi pertumbuhan ekonomi Kota Baubau yang pada 2022 mendatang ditarget tumbuh 5,5 sampai dengan 6 persen. Kedua, terkait kebijakan arah pembangunan yang berfokus pada pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.

Olehnya itu, Banggar dan TAPD sepakat jika pembangunan akan diprioritaskan pada pemberdayaan masyarakat dan peningkatan peran aktif UMKM. “Lebih dari itu juga soal rencana aksi mengantisipasi genangan air. Pemerintah berjanji akan melakukan pembersihan rutin, membangun sumur resapan dan drainase,” kata Politikus Partai Golkar itu, kemarin. Ardin Jufri juga menyebut proyeksi pendapatan dari dana bagi hasil ditarget Rp 56 miliar.

Sementara pendapatan asli daerah (PAD) diproyeksi Rp 135 miliar. “Kami juga menyepakati tambahan BTT sebesar Rp 10 miliar,” sambungnya. Usai pembacaan poin nota kesepahaman, Wali Kota Baubau, AS Tamrin dan Ketua DPRD, H. Zahari menandatangani nota kesepahaman KUA-PAAS untuk APBD tahun 2022 tersebut. (c/mel)

Tinggalkan Balasan