H. Belli Tombili

KENDARIPOS.CO.ID–Surat izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, akhirnya mengeluarkan surat persetujuan pelaksanaan peraturan kepala daerah (Perkada) anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) Kolaka Timur (Koltim) tahun 2021. Plh. Bupati Koltim, H. Belli Tombili, berharap, item kegiatan yang masuk dalam Perkada tersebut bisa segera dijalankan dan roda pemerintahan berjalan normal.

Belli mengatakan, pihaknya baru saja menerima surat izin persetujuan Mendagri untuk pelaksanaan APBD-P tahun ini. Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut menginstruksikan, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera bergerak secepatnya merealisasikan anggaran yang masuk dalam Perkada. Meski begitu, Belli mengakui, ada item pembayaran honor yang belum bisa dilakukan.

Sebab Pejabat Bupati (Pj) belum ditetapkan Gubernur Sultra dan Sekretaris Kabupaten (Sekab) sebagai kuasa pengguna anggaran di Sekretariat juga belum ada. “Semoga setelah pelantikan Pj bupati, pemerintahan berjalan normal. Supaya para honorer bisa segera gajian di Sekretariat Pemkab Koltim. Kalau ada pejabat bupati bisa menunjuk Pj Sekab sebagai penguna anggaran,” jelas Belli, Minggu (21/11).

Ia menambahkan, pasca terbitnya rekomendasi pelaksanaan Perkada APBD-P 2021, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah supaya segera melaksanakan item kegiatan yang masuk dalam Perkada tersebut. “Insya Allah realisasi anggaran bisa cepat diserap, apalagi yang bersifat strategis dan mendesak. Tidak ada juga kegiatan yang harus dilelang. Jadi Insya Allah bisa langsung jalan,” tandasnya. (b/kus)

Tinggalkan Balasan