I NGURAH PANDI S/KENDARI POS
KAYA POTENSI : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (berdiri) memaparkan potensi unggulan kelautan dan perikanan di hadapan Direktur KKI Kementerian KP, Tinggal Hermawan dan Dekan FIPK, Prof. H. La Sara di Desa Panggosi, Kecamatan Tinanggea, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID– Dari 25 kecamatan yang ada di Konawe Selatan (Konsel), sembilan diantaranya adalah wilayah pesisir. Tinanggea dan Kolono bahkan masuk dalam kawasan prioritas perdesaan nasional (KPPN) karena memiliki banyak potensi unggulan kelautan dan perikanan.

“Potensi luasan lahan budi daya khusus tambak udang vaname dan ikan bandeng seluas 15.046 hektare dan 7.883 hektare telah terolah,” kata Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga di hadapan Direktur Kawasan dan Kesehatan Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Tinggal Hermawan, saat kunjungan kerja, Kamis (25/11).

Surunuddin berharap Kementerian KP bekerja sama melakukan pengembangan berkelanjutan. Khususnya pemenuhan sarana dan prasarana budidaya dan integrasi APBN, juga program peningkatan produksi serta jaminan ketersediaan pangsa pasar.

Diketahui kunjungan tersebut dalam rangka survei lokasi tambak tradisional dan peluang investasi sektor kelautan dan perikanan di daerah yang melibatkan Pemkab Konsel dengan Universitas Halu Oleo (UHO). Nota kesepahaman ditandatangani Surunuddin Dangga bersama Dekan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan (FIPK) UHO, Prof. H. La Sara, P.hD, terkait penyusunan master plan pengembangan komoditas perikanan ekspor unggulan. Seperti udang, lobster, ranjungan dan rumput laut di pesisir Konsel.

Setelah silahturahmi dan penandatanganan nota kesepahaman, mereka menuju Desa Panggosi, Kecamatan Tinanggea untuk panen raya udang vaname, sekaligus meninjau mini plan kepiting ranjungan dan usaha pengolahan rumput laut di Kelurahan Tinanggea.

Bupati juga menyerahkan sertifikat lahan tambak masyarakat dan penyerahan sertifikat cara pembenihan ikan yang baik (CPIB) pengolahan daging rajungan dari Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kendari. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan