Idrus Taufik Saidi

KENDARIPOS.CO.ID– Pandemi Covid-19 mulai melandai. Sektor pariwisata pada sejumlah daerah mulai bergeliat, tidak terkecuali di Baubau. Apalagi sejak Oktober ini, Bandara Betoambari Baubau kembali melayani rute penerbangan. Pemerintah Kota (Pemkot) juga sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk membangkitkan kembali animo kunjungan wisata di daerah pemilik benteng terluas dunia itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Idrus Taufik Saidi, mengaku, salah satu strategi yang rencananya dilakukan demi mendongkrak kunjungan wisata adalah dengan menggelar pelatihan pemandu wisata. Menurut Idris Taufik Saidi, selama pandemi kurang lebih dua tahun, pemandu wisata hampir tak melakukan apa-apa dengan profesinya itu.

Makanya, kompetensi mereka harus diperbarui kembali.
“Sertifikat kompetensi itu setiap dua tahun baiknya diperbarui. Pandemi ini sudah dua tahunan juga, jadi akan kita lakukan lagi pelatihan, supaya diupgrade lagi kapasitasnya,” jelas Idris Taufik Saidi, kemarin.

Ia menyebut, objek wisata di Kota Baubau cukup banyak. Seorang pemandu wisata harus menguasai itu, terutama bagaimana mengaksesnya, sejarahnya seperti apa, agar pengunjung merasa penasaran lalu mendapat penjelasan yang sebenarnya. “Kita ada benteng, pantai, air terjun, juga gua. Yang jelas, keahlian khusus seorang guide itu bisa dibuktikan dengan sertifikat,” ungkap mantan Kadis Kominfo Baubau tersebut. (c/mel)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.