-Usul SKB Tanggal 18 November

KENDARIPOS.CO.ID– Jika Pemkot Kendari telah memulai tes, Pemprov Sultra justru baru mengajukan usulan. Dalam draft usulan, Panitia Seleksi Daerah (Panselda) meminta pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) digelar tanggal 18 November. Hingga kini, Panselda masih menunggu putusan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Kadir mengatakan SKB akan dimulai tanggal 15 sampai 28 November mendatang. Namun sampai saat ini Panselda belum mendapat jadwal pelaksanaan tes SKB dari Panselnas. “Permintaan jadwal SKB lingkup Pemprov Sultra, sudah usulkan ke BKN. Informasi terakhir yang kami peroleh, hasilnya akan disampaikan dalam waktu dekat. Jika sudah terbit, kami akan sampaikan ke publik,” kata Kadir saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/11).

Kadir

Dari hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) lanjutnya, hanya 77 peserta yang berhak maju ke tahapan berikutnya. Makanya, kemungkinan SKB hanya sehari. Namun karena ada tiga Pemkab yang ikut menggelar SKB di Pemprov, makanya diusulkan empat hari. Tiga Pemkab tersebut yaitu Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kolaka Timur (Koltim).

Peserta tes terbanyak sambungnya, berasal dari Konut sebanyak 493 orang. Sementara Koltim dan Konut masing-masing 359 dan 95 peserta. “Estimasi dalam satu hari pelaksanaan SKB akan diikuti sekira 300 sampai 400 peserta. Dengan durasi pelaksanaan paling lama tiga hingga empat hari. Lokasi tes di aula SMKN 1 Kendari,” terang Kadir.

Komposisi SKB katanya, satu formasi diperebutkan sebanyak tiga orang. Namun demikian, ada beberapa formasi yang tidak terpenuhi karena tidak memiliki peminat atau pelamar. Contohnya formasi dokter spesialis. Untuk formasi pemulasaran jenazah diikuti peserta dengan jenjang pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau SLTA.
“Yang diuji dalam SKB ini yaitu mengenai kosentrasi ilmu atau kompetensi bidang. Menguji disiplin kemampuan sesuai bidang masing-masing. Bagi yang tidak hadir dalam tes SKB, konsekuensinya dinyatakan gugur,” tandas pria murah senyum ini. (b/ali)

Tinggalkan Balasan