Makmur, S.Pd., M.Pd.

KENDARIPOS.CO.ID– Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) terus mendorong seluruh sekolah di lingkupnya, khususnya tingkat SMP Kota Kendari agar optimalkan vaksinasi. Vaksinasi pelajar ini tentu perlu didorong untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di sekolah.

Dinas Dikmudora Kendari mengimbau seluruh kepala sekolah (Kasek) untuk lakukan pendekatan persuasif kepada siswa dan orang tua yang belum divaksin. 
Kepala Dikmudora Kota Kendari, Makmur, S.Pd., M. Pd., mengatakan pihaknya telah meminta setiap Kasek melakukan  pendekatan persuasif kepada siswa dan orang tua siswa yang akan divaksin guna mendorong capaian vaksinasi pelajar di Kota Kendari.

“Saat ini para Kepala Sekolah telah kita dorong gunakan pendekatan persuasif kepada orang tua siswa agar anak-anak bisa divaksin. Sebab ini demi kebaikan anak-anak disekolah. Bila vaksinasi sudah bisa mencapai rata-rata diatas 90 persen otomatis herd immunity disekolah sudah bisa kita capai. Sehingga pembelajaran di sekolah bisa jauh lebih aman, ” kata Makmur, kemarin (5/11).

Makmur menyampaikan berdasarkan laporan data vaksinasi pelajar tingkat SMP secara umum baru sekira 80 persen yang melakukan vaksinasi. 

“20 persen peserta didik yang belum vaksin rata-rata terkendala izin orang tua dan karena sakit atau ada penyakit bawaan jadi mereka tidak bisa divaksin, ” terangnya.

Menurut Makmur, harusnya bulan ini  capaian vaksinasi sudah mencapai 100 persen, namun karena adanya siswa yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan dan kendala izin orang tua sehingga belum bisa mencapai angka yang diharapkan.

“Saat ini, vaksinasi masih terus kita dorong, harapannya pada Desember nanti sudah bisa mencapai angka 90 persen keatas, sebab untuk mencapai angka 100 persen sudah tak mungkin karena adanya siswa yang memiliki penyakit bawaan, ” tutupnya. (rah/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.