Konsel, I Putu Darta

KENDARIPOS.CO.ID– Paca peluncuran aplikasi perizinan berusaha pada Agustus lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) terus mengedukasi masyarakat. Aplikasi online single submission (OSS) berbasis risiko atau OSS Risk Based Management (RBA) diperkenalkan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konsel, I Putu Darta, menjelaskan, penerapan perizinan online berbasis risiko adalah amanat Pemerintah Pusat ke Daerah yang harus ditunaikan.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan perizinan berusaha, cukup melalui smartphone atau Laptop.
“Dengan menyediakan KTP, NPWP dan email, sudah bisa mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk bisa melaksanakan kegiatan mulai dari operasional hingga komersial,” ungkapnya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dan Pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM di Konawe Selatan, kemarin.

Pada kesempatan ini, I Putu Darta mendorong pelaku usaha khususnya di Konsel untuk terus tumbuh dan berkembang. Tidak hanya di sektor mikro melainkan dapat meng-upgrade ke level lebih tinggi. Bahkan bersaing hingga pasar nasional. “Namun tetap memerhatikan hal-hal yang menjadi basis risiko seperti yang berkaitan dengan kesehatan, keselamatan, lingkungan dan pemanfaatan pengelolaan sumber daya,” tandasnya. (b/ndi)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.