KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari akan kedatangan tamu dari berbagi penjuru nusantara. Mereka akan datang bersaing dan uji kemampuan baca ayat suci Alquran di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri V tingkat nasional. Tidak hanya kontingen dari 34 provinsi, event ini turut diikuti peserta dari 32 kementerian dan lembaga tinggi negara.

Kabag Keagamaan Biro Kesra Setprov Sultra, Musdar mengatakan kafilah dari berbagai provinsi dan kementerian mulai berdatangan tanggal 12-13 November. Sebab selama dua hari, mereka akan melakukan registrasi ulang peserta MTQ. Kedatangan kafilah bersamaan dengan panitia pusat dan dewan hakim.

Dari data yang diterima, ada sebanyak 512 peserta ditambah 206 official. Sultra mengirimkan peserta terbanyak yakni 25 qori dan qoriah. Disusul Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) yang masing-masing mengutus 20 qori dan qoriah. “Pada MTQ kali ini, Sultra menargetkan juara umum,” kata Musdar kemarin.

Pembukaan MTQ lanjut Musdar, baru akan dilaksanakan tanggal 14 November. Sebelumnya, panitia penyelenggara akan melakukan technical meeting, pelantikan dewan hakim dan seminar nasional Alquran bertema “Implementasi Moderasi Beragama di Kalangan ASN”. “Pembukaan MTQ sendiri akan dipusatkan di MTQ Square,” ujarnya.

Pelaksanaan lomba, akan dimulai tanggal 15 November. Selama dua hari, para peserta akan bersaing di babak penyisihan. Tanggal 18 November, peserta yang lolos akan bertanding dibabak final. “Untuk lokasi pertandingan, kami telah menyiapkan beberapa venue,” kata Musdar.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, H Lukman Abunawas optimis Sultra bisa menjadi juara umum. Apalagi para qori dan qoriah asal Sultra akan tampil di depan publik sendiri. Prestasi itu pernah diraih kontingen Sultra saat MTQ III Korpri nasional di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2016. “Saya berharap Sultra bisa mengulang kesuksesan pada MTQ Korpri edisi ketiga lalu,” kata Lukman Abunawas. (mal)

MTQ Korpri V Nasional
-66 Kontingen (Perwakilan Provinsi, Lembaga Tinggi dan Kementerian)
-512 Peserta dan 206 Official
-Pembukaan di MTQ Square Tanggal 14 November
-Babak Penyisihan 15-17 November, Final 18 November
-Sultra Peserta Terbanyak 25 Qori dan Qoriah

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.