KENDARIPOS.CO.ID — Provinsi Sultra sendiri telah berpengalaman menjadi tuan rumah kegiatan berkaliber nasional. Sebut saja, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional tahun 2006 dan beragam event lainnya. Tahun ini, Sultra menjadi tuan rumah MTQ V Korpri tingkat nasional. Seluruh persiapan teknis dimatangkan panitia pelaksana.

“Rencananya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan membuka MTQ V Korpri yang dipusatkan di kawasan tugu Religi MTQ pada 15 November 2021,” ujar Beangga Harianto, Sekretaris Panitia MTQ Korpri nasional, Jumat (12/11) kemarin.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

MTQ V Korpri tingkat nasional ini bakal berlangsung hingga 20 November 2021. Sejak Kamis (11/11) lalu, sejumlah kafilah dari berbagai provinsi menjejak Kota Kendari. Panitia kini mulai sibuk mempersiapkan kedatangan dewan hakim dan dewan pengawas. Mereka dijadwalkan tiba di Kota Kendari, hari ini, Sabtu (13/11).

Ketua MUI Sultra KH. Mursyidin bersama pejabat Kanwil Kemenag Sultra mengonsolidasi penjemputan dan pelayanan anggota dewan hakim dan dewan pengawas selama bertugas pada MTQ Korpri nasional ini.

Beangga Harianto, mengungkapkan demi menyukseskan kegiatan nasional dua tahunan itu, Pemprov Sultra menyediakan anggaran sekira Rp13 miliar dalam APBD Perubahan tahun 2021. “Anggaran itu termasuk honor dewan hakim, peserta dan hadiah. Honor itu langsung masuk ke rekeningnya masing-masing,” ungkapnya.

Dari anggaran belasan miliar rupiah itu, Pemprov Sultra hanya mengelola anggaran makan dan minum panitia MTQ. Sekira Rp2,7 miliar ditenderkan untuk penyelenggaraan di setiap tempat berlangsungnya acara. “Pastinya itu akan kita tanggung semuanya. Kita sebagai tuan rumah wajib memfasilitasi segala sesuatunya untuk menyukseskan MTQ V Korpri tingkat nasional ini,” jelas Beangga Harianto.

Sebelumnya, Kabag Keagamaan Biro Kesra Setprov Sultra, Musdar mengatakan kafilah dari berbagai provinsi dan kementerian mulai berdatangan sejak 12-13 November. Selama dua hari, mereka akan registrasi ulang peserta MTQ. Dari data yang diterima, sekira 512 peserta yang akan berlomba dengan 206 official. Sultra menurunkan sekira 25 qari dan qariah. “Pada MTQ kali ini, Sultra menargetkan juara umum,” kata Musdar.

Sekadar informasi, MTQ Korpri tingkat nasional digelar setiap dua tahun. Sejatinya, MTQ V Korpri digelar tahun 2020 di Kota Kendari, namun karena pandemi Covid-19, kegiatan ini hanya dilaksanakan secara virtual di Jakarta dengan mempertandingkan beberapa cabang lomba saja secara terbatas.

Tahun 2021 ini, MTQ Korpri tetap dilaksanakan dengan tetap diberi nama MTQ V Korpri tingkat nasional. Sesuai rencana, akan ada 26 cabang lomba yang dipertandingkan. Jika mengacu pada MTQ Korpri sebelumnya, jumlah peserta diestimasi sebanyak 1.680 orang. Mereka adalah pelatih, official, dan tamu undangan. (ilw/d)

Pemprov Menyediakan Anggaran MTQ Rp13 Miliar

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.