Sulkarnain Kadir

–Wali Kota Kendari Sulkarnain Rehabilitasi dan Membangun Sekolah

KENDARIPOS.CO.ID– Salah satu tolok ukur kemajuan suatu daerah bisa dilihat dari peningkatan pelayanan sektor pendidikan. Hal inilah yang membuat Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mendorong mewujudkan pemerataan pendidikan di Kota Kendari. Sulkarnain Kadir melalui Dinas Dikmudora Kendari merehabilitasi ratusan sekolah. Ada juga sekolah yang dibangun baru.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, kegiatan rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah baru penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya meningkatan akses pendidikan bagi anak agar tidak putus sekolah.

“Jadi sarananya (gedung) kita hadirkan, ada yang dibangun dan juga direhabilitasi supaya anak-anak kita nyaman dan mau bersekolah. Dengan banyaknya sekolah yang terbangun dengan fasilitas memadai maka tidak ada alasan bagi anak-anak di Kota Kendari untuk tidak bersekolah,” kata Sulkarnain Kadir kepada Kendari Pos, kemarin.

AGUS SETIAWAN / KENDARI POS
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) didampingi Kepala Dinas Dikmudora Kendari, Makmur (dua dari kiri) saat meninjau hasil rehabilitasi ruang kelas belajar pada salah satu sekolah di Kendari.

Guna mendukung kelancaran rehabilitasi dan pembangunam sekolah, pihaknya telah mengalokasikan anggaran 20 persen atau sekira Rp300 miliar dari APBD untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kota Kendari. Bukan hanya itu, Pemkot Kendari juga memanfaatkan Dana Alokasi Fisik disektor pendidikan yang jumlahnya sekira Rp45 miliar.

Terpisah, Kabid Dikdas Dikmudora Kendari, Muchdar Alimin mengungkapkan 117 total bangunan sekolah yang direhabilitasi dan dibangun baru. Ratusan bangunan tersebut tersebar diseluruh TK, SD, hingga tingkat SMP.

“Hingga Oktober kemarin, yang terserap sekira 70 persen. Kami optimistis hingga Desember 2021 dapat terserap semua sehingga tahun depan kita bisa alokasikan lagi untuk lebih memeratakan akses pendidikan di Kota Kendari,” kata Muchdar. (ags/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.