AGUS SETIAWAN / KENDARI POS
Ketua TP PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain (tengah) bersama para pemenang Pemilihan Duta Wisata Luale dan Anandonia 2021, Minggu (14/11) malam

–Tsamara dan Ihya Terpilih Jadi Luale Anandonia 2021

KENDARIPOS.CO.ID– Kota Kendari kaya akan budaya dan pariwisatanya. Sebut saja kekayaan budaya Tolaki yang menjadi identitas daerah yang harus tetap dijaga dan dilestarikan sebagai warisan leluhur. Atas dasar itulah, Pemkot Kendari setiap tahunnya menyelenggarakan pemilihan Duta Wisata Luale Anandonia.

Wali Kota Kendari yang diwakili Asisten II Pemkot Kendari, Susanti mengatakan pemilihan duta wisata Luale Anandonia mempunyai makna strategis bagi daerah, yakni sebagai wadah pembinaan dalam rangka menanamkan nilai-nilai adat dan kebudayaan kepada para generasi muda.

Mantan Kepala BKPSDM Kendari itu berharap duta wisata terpilih agar senantiasa mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata Kota Kendari. Selain itu, juga dapat mempromosikan berbagai capaian pembangunan Pemkot Kendari selama ini. Mulai dari pembangunan infrastruktur fisik maupun pembangunan non fisik.

“Selain itu, kami harapkan duta wisata dapat mempromosikan berbagai penghargaan yang telah kita (Pemkot Kendari) raih baik dibidang kebersihan, kesehatan, perencanaan dan kota layak anak bahkan pelayanan digitalisasi berbasis informasi dan teknologi,” kata Susanti saat membuka pemilihan duta wisata Luale Anandonia 2021 di Claro Hotel Kendari, Minggu (14/11) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, Abdul Rifai mengatakan mereka yang terpilih adalah hasil penilaian dewan juri secara objektif. Mereka merupakan pemuda dan pemudi berkompetensi, berwawasan luas dan berkomitmen kuat dalam memajukan dan memperkenalkan kekayaan budaya serta pariwisata Kota Kendari. “Mudah-mudahan melalui Luale dan Anandonia kekayaan budaya dan wisata Kota Kendari bisa semakin dikenal masyarakat luas,” kata Abdul Rifai.

Duta wisata Luale Anandonia 2021 terpilih yaitu Juara I Luale dan Anandonia, Tsamara Jihan Azta Tambosisi
dan Ihya Ulumuddin
, Juara II diraih Vanika Rahayu dan Adith Titoirgantara
. Sedangkan Juara III diraih Ananda Alya Rahmadani dan Ronal Saputra. Juara I Luale dan Anandonia, Tsamara dan Ahya Uhlumuddin, berhasil menyisihkan 73 peserta lainnya dalam seleksi selama tujuh hari. (ags/b)

Tinggalkan Balasan