KENDARIPOS.CO.ID–Baru-baru ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan instruksi agar kepala daerah melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 hingga 1 sesuai kondisi. Berdasarkan instruksi tersebut, Kabupaten Kolaka masuk dalam kategori level 2. “Penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud, berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan Menteri Kesehatan.

elain itu capaian total vaksinasi dosis 1 juga menjadi indikator. Level PPKM kabupaten/kota dinaikkan satu apabila capaian total vaksinasi dosis satu kurang dari 50 persen,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr. Muhammad Aris, kemarin.

Aris menjelaskan, berdasarkan instruksi Kemendagri tersebut, PPKM level 2 pada kabupaten dan kota dilakukan dengan menerapkan pengaturan PPKM dengan kriteria zonasi. “Untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk wilayah yang berada dalam zona hijau dan kuning, pelaksanaannya sesuai dengan pengaturan teknis dari Kementerian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Sedangkan untuk wilayah yang berada dalam zona oranye, melaksanakan pembelajaran di satuan
pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh. Bagi satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50 persen,” jelasnya.

Aris menambahkan, bagi daerah level 2 sudah dapat menggelar resepsi pernikahan dan kegiatan hajatan. Namun, penyelenggara kegiatan harus tetap memerhatikan kapasitas.
“Untuk wilayah yang berada dalam zona hijau itu diizinkan paling banyak 75 persen dari kapasitas. Selain itu tidak ada
hidangan makanan ditempat,” bebernya. Meskipun kasus Covid-19 di Bumi Mekongga terus menunjukkan penurunan, Aris berharap agar warga tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan. “Ini demi kebaikan kita semua. Harapannya agar jangan sampai kasus Covid-19 ini kembali meningkat,” pesannya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan