FHIL UHO FOR KENDARI POS
Dekan FHIL UHO, Prof. Dr Aminuddin Mane Kandari (tengah) berfoto bersama
pemateri dan peserta, usai pembukaan pelatihan kewirausahaan yang diikuti 30 mahasiswa angkatan 2021, perwakilan jurusan/Prodi lingkup FHIL, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID-Sebanyak 30 mahasiswa fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo (FHIL UHO) tahun ajaran 2021, mengikuti pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan di aula fakultas tersebut, kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan lembaga kemahasiswaan FHIL tersebut dihadiri langsung oleh Dekan FHIL, Prof. Dr. Aminuddin Mane Kandari, M.Si.

Ketua Panitia Kegiatan, Ricky Astawan mengatakan bahwa pelatihan kewirausahaan mahasiswa ini diikuti perwakilan Jurusan Kehutanan dan Jurusan Ilmu Lingkungan dengan menggunakan dana kemahasiswaan FHIL 2021. Kata dia, yujuan pelatihan dasar kewirausahaan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa FHIL tentang ilmu dan pentingnya berwirausaha, agar nantinya tidak berorientasi hanya ingin menjadi ASN bila menjadi alumni.

“Harapannya, setelah pelatihan ini dapat meningkatkan minat dan bakat mahasiswa FHIL dalam berwirausahaa. Mahasiswa harus berani melakukan sebuah terobosan untuk membuka sebuah usaha atau berani menjemput sebuah usaha,” terang Ricky.

Ia juga mengingatkan mulailah dengan usaha yang kecil untuk mencapai usaha yang besar.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Sahindomi Bana, SP., MP., mewakili Dekan FHIL menyanpaikan sambutan sekaligus membuka acara, menyampaikan bahwa mahasiswa harus memberanikan diri dalam membuka sebuah bisnis, jika keluar dari kampus minimal sudah ada yang di lakukan dan mampu memperkerjakan banyak orang sebagai karyawan.

“Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan mahasiswa yang di laksanakan FHIL sangat bermanfaat bagi kalangan muda terutama bagi mahasiswa yang ingin membuka sebuah usaha, lewat kegiatan tersebut dapat membuka mindset berpikir mahasiswa yang harus berani mengambil risiko untuk membuka sebuah usaha,” tambah Sahindomi.

Pada kegiatan tersebut ada dua materi yang dibawakan dengan tema yang berbeda. Tema pertama, yakni Motivasi dan Ide Bisnis oleh Budiarti Mira Indah Yani G. Barani, SP. Katanya mahasiswa harus berani mengambil risiko dalam berwirausaha apa lagi dimasa sulit seperti sekarang harus menggunakan teknologi yang ada untuk mendorong kegiatan berwirausaha supaya semakin maju.

Sementara pada materi ke dua dengan tema Penyusunan Rencana Bisnis oleh Dr. Sarinah, SP., M.Si., yang juga sebagai kepala UPT Kewirausahaan UHO, membagikan tips dan trik serta teknik penyusunan proposal yang akan di ajukan kepada instansi yang menangani bidang kewirausahaan khususnya pada Kemendikbudristek.

Dekan FHIL, Prof. Dr Aminuddin, M.Si., dalam kegiatan ini hanya memberikan penjelasan singkat bahwa kegiatan pelatihan kewirausahaan ini merupakan kegiatan prioritas yang didanai FHIL karena menjadi salah satu indikator kinerja dekan melalui wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni dalam setiap ajang evaluasi kinerja setiap unit lingkup UHO pada setiap triwulan yang puncak penilaiannya pada setiap minggu pertama awal tahun.

Mantan Ketua Senat UHO itu, juga menyampaikan terima kasih kepada kedua pemateri yang bersedia membagi ilmunya kepada mahasiswa FHIL dan berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti dengan baik agar nantinya bisa membantu mempercepat masa tunggu alumni dalam mendapatkan pekerjaan.

“Dengan bekal ilmu berwirausaha setelah jadi alumni tidak hanya menunggu jadi ASN tetapi mampu berkreasi dan berinovasi sendiri melalui usaha mandiri khususnya di bidang kehutanan dan lingkungan, misalnya ranting kayu bisa dikreasi sehingga memiliki nilai atau limbah-limbah plastik yang menjadi sampah di masyarakat bisa dijadikan bahan pembuatan tas, sepatu, pass bunga dan lain-lain. Secara umum bisa memanfaatkan limbah untuk menambah pendapatan keluarga, artinya bisa awalnya para mahasiswa atau alumni yang memulai tapi pada akhirnya perlahan bisa jadi pemateri dan pada akhirnya bisa jadi konsultan dalam bidang-bidang usaha tertentu, intinya kita mau, kita jujur, dan bekerja keras,” tutupnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Laboratorium Perencanaan Sistim Informasi Pengelolaan Hutan dan DAS, La Gandri, S.Pd., M.Si dan Pembina Kemahasiswaan Soleh Qodri, S.Pi., M.Sc dan Ketua DPM FHIL UHO.
(ags/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.