, Hj Nur Endang Abbas

KENDARIPOS.CO.ID– Liburan natal dan tahun baru (Nataru) sudah menjadi tradisi masyarakat. Namun jelang akhir tahun 2021, kebiasaan ini tak bisa terwujud. Pasalnya, pemerintah pusat belum mengeluarkan putusan tentang libur dan cuti bersama.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Hj Nur Endang Abbas belum bisa memastikan libur Nataru sebab belum ada regulasinya. Selama belum ada petunjuk, ia menyarankan masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra tidak merencanakan liburan atau mudik.

“Sampai sekarang belum ada ketentuan libur. Baik itu natal dan tahun baru. Tunggu saja hingga Desember, siapa tahu ada perubahan,” kata Nur Endang Abbas, kemarin.

Berdasarkan informasi awal yang didapatkannya dari pusat, cuti bersama peringatan nataru ditiadakan. Sehingga masyarakat maupun ASN sangat tidak dimungkinkan untuk libur. “Hari libur (cuti bersama) dikurangi. Misalnya tanggal 1 libur, besoknya tetap harus masuk kerja,” kata Nur Endang.

Bagi ASN yang nekat mudik, Jenderal ASN bakalan disanksi. Namun ia belum bisa memastikan bentuk sanksinya. Pasalnya, aturannya belum ada. “Yang jelasnya, semua ketentuan tetap merujuk pada keputusan pemerintah yang akan diumumkan pada Desember mendatang,” ujarnya. (c/ags)

Tinggalkan Balasan