HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
KEBIJAKAN ANGGARAN : Sekab Konut, H. M. Kasim Pagala (kanan) usai menyerahkan draf KUA-PPAS APBD 2022 untuk dibahas pada tingkat Badan Anggaran DPRD bersama TAPD.

KENDARIPOS.CO.ID– Rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) reguler Konawe Utara (Konut) tahun 2022 akan segera dibahas. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Konut akan memulai tugas tersebut. Sebelum pembahasan APBD 2021, terlebih dahulu draf dokumen kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD 2022 diserahkan oleh TAPD ke unsur pimpinan DPRD.

Penyerahan dokumen KUA-PPAS itu dilakukan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konut, H. M. Kasim Pagala dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, I Made Tarubuana dan dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta anggota legislatif lainnya. “Kebijakan yang akan ditempuh dalam pengelolaan pendapatan daerah tahun 2022, lebih cenderung pada optimalisasi penerimaan pajak, pendapatan asli daerah dan lainnya,” kata Kasim Pagala, Jumat (19/11).

Dalam dokumen rancangan KUA-PPAS, memuat target pencapaian kinerja yang terukur dari setiap program yang akan dilaksanakan yang disertai dengan proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja hingga pembiayaan. Mantan Kepala DPPKB Konut itu menjelaskan, kebijakan pembangunan tahun 2022 sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Konawe Utara yang tertuang dalam RPJMD tahun 2021-2026. Semua menitikberatkan pada peningkatan fiskal daerah untuk pembangunan infrastruktur yang mensinkronkan kebijakan antara Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat.

“Adanya pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 berpengaruh pada perekonomian di Konut sampai tahun 2021. Sehingga pada 2022 mendatang, Pemkab mengusung pemulihan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur dan penciptaan nilai tambah sektor-sektor unggulan daerah,” urainya. Kasim Pagala berharap, pembahasan KUA-PPAS 2022 dapat berjalan lancar dan konstruktif menuju Konawe Utara yang sejahtera dan berdaya saing.(b/min)

Tinggalkan Balasan