Nahwa Umar

-24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022

KENDARIPOS.CO.ID– Pemkot Kendari bakal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang. Kebijakan itu guna mencegah penularan Covid-19 gelombang tiga, yang berpotensi terjadi di momen itu.

Sekretaris Kota Kendari, Nahwa Umar, mengatakan pemberlakuan level III mengacu pada rencana pemerintah pusat yang akan menerapkan pembatasan kegiatan diseluruh wilayah di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang didapatkannya dari pusat, pemberlakulan PPKM level tiga dilakukan untuk memperketat dan mengawasi pergerakan orang pada masa libur Nataru, yang berpotensi menimbulkan klaster (gelombang) baru penularan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu.

Sejauh ini pihaknya masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat terkait poin-poin aturan yang bakal diterapkan pada masa libur nataru mendatang. Apapun yang diputuskan baik melalui instruksi Satgas Penanganan Covid maupun Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), pihaknya bakal menerapkannya di lapangan. “Iya, kalau Imendagri bunyinya begitu (pengetatan) pasti kita mengikut,” ujar Nahwa.

Terpisah, Jubir Satgas Penanganan Covid 19 Kota Kendari, dr.Algazali Amirullah, mengaku rencana penerapan level III pada seluruh wilayah di Indonesia termasuk Kota Kendari merupakan upaya pemerintah untuk mencegah potensi gelombang ketiga penularan covid.

Di sisi lain, upaya tersebut dalam rangka menjaga keberhasilan Pemkot Kendari yang telah berhasil mengendalikan pandemi. Apalagi per 20 November 2021, seluruh wilayah Kota Kendari sudah zona hijau dan tidak ada ditemukannya kasus penularan, baik pasien aktif, kontak erat, maupun suspek, “Kondisi sudah membaik,” ujarnya.

Sebagai informasi, hingga Minggu (20/11) jumlah kasus Covid di Kota Kendari sebanyak 7.719. Rinciannya, 7.624 sembuh, 95 meninggal dunia, dan sama sekali tidak ditemukan kasus aktif. (ags/b)

Tinggalkan Balasan