Zainal Mustamin

KENDARIPOS.CO.ID– Fasilitas pelayanan haji dan umrah akan ditambah. Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang membangun Pusat Layanan Haji Umrah Terpadu (PLHUT) di Kota Baubau, Kabupaten Bombana dan Wakatobi. Fasilitas itu juga akan dibangun di Kota Kendari di tahun 2022 mendatang.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra Zainal Mustamin berjanji akan bekerja maksimal dalam urusan pelayanan keagamaan. Katanya, ia akan membenahi segala pelayanan di lingkup Kemenag Sultra guna memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan haji dan umrah.

Fasilitas PLHUT telah dibangun di Kabupaten Kolaka dan Konawe. Rencananya akan dibangun di tiga daerah lain di Sultra. Daerah yang menjadi titik pembangunan PLHUT karena memiliki angka calon jemaah haji yang tinggi setiap tahun dibanding daerah lain.

Mantan Kepala Kemenag Kendari itu mengungkapkan PLHUT akan mempersingkat pelayanan kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan diri untuk berangkat haji dan umrah. Termasuk memudahkan layanan keagamaaan kepada masyarakat. “Insya Allah dengan penambahan PLHUT, akan mempermudah warga memperoleh informasi seputar haji.

Juga mempersingkat layanan, yang sebelumnya bisa dibilang berbelit-belit. Dengan PLHUT maka menjadi cepat, murah dan transparan. Ini adalah transformasi pelayanan,” bebernya. Selain tiga daerah itu, PLHUT juga akan dibangun di Kendari tahun 2022 mendatang, bersamaan dengan rehabilitas Kantor Kemenag Kendari.

Adapun pembangunan PLHUT di Buton Tengah dan Buton Selatan, kata dia, akan diusung tahun berikutnya. “Yang jelas, kita ingin 17 kabupaten/kota memiliki PLHUT. Itu transformasi pelayanan untuk memudahkan masyarakat dalam urusan pelaksanaan ibadah haji,” pungkasnya. (dan)