KENDARIPOS.CO.ID– Untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka selalu meningkatkan kompetensi para pendidik. Pemkab kini menjajal kerja sama dengan Yayasan Sampoerna untuk meningkatkan kompetensi guru yang ada di Bumi Mekongga.

Sal Amasyah

Staf Ahli Bupati Kolaka Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sal Amansyah, mengatakan, peningkatan kapasitas aparatur merupakan salah satu program prioritas dibawah kendali Bupati, H. Ahmad Safei.

Agar tercipta generasi yang unggul di sekolah, maka pihaknya juga berupaya meningkatkan kompetensi pendidik atau guru-guru di sekolah pada jenjang SD dan SMP. “Untuk meningkatkan kemampuan para guru tersebut, maka kami akan bekerja sama dengan Yayasan Sampoerna untuk pengembangan kompetensi para pendidik. Kalau ini terlaksana dengan baik, maka SDM kita akan berkembang,” ujarnya, Minggu (7/11).

Pria yang sebelumnya menjabat Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka tersebut menjelaskan alasan pihaknya bekerja sama dengan Yayasan Sampoerna. Lembaga tersebut merupakan salah satu organisasi yang dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka pembinaan pendidikan bagi tenaga pengajar.
“Yayasan Sampoerna itu punya program yang disebut Traning Learning Center (TLC). Melalui TLC ini, mereka sudah mengerjakan pelatihan peningkatan kompetensi pada lebih dari 200 kabupaten/kota di Indonesia,” bebernya.

Untuk metode pelatihan yang rencananya akan diterapkan pada para tenaga pendidik di Kabupaten Kolaka, kata Sal Amansyah, ada dua. “Model pelatihannya itu ada dua yaitu sinkron atau dengan tatap muka dan asinkron atau dalam bentuk pertemuan dalam jaringan (daring) serta bentuk tugas. Proposal program ini segera kami laporkan ke Bupati Kolaka,” tandas Sal Amasyah. (c/fad)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.