KENDARIPOS.CO.ID — Strategi penanganan wabah covid-19 di Kota Kendari menunjukan progres positif. Buktinya, penyebaran virus asal Kota Wuhan, Tiongkok ini mulai bisa dikendalikan. Jumlah kasus terus menurun. Jika pekan lalu masih tersisa satu kasus, memasuki pekan ini kembali nol atau nihil.

“Alhamdulillah, wabah covid semakin terkendali. Untuk pekan ini, kasus covid aktif nihil. Rumah Sakit (RS) belum melaporkan adanya pasien covid,” beber drg Rahminingrum, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/11).

Meski demikian, pihaknya tidak ingin berleha-leha. Pasalnya, penyebaran virus corona sewaktu-waktu bisa meningkat. Apalagi hasil analisa Kementerian Kesehatan (Kemenkes), gelombang ketiga virus corona berpotensi terjadi di akhir tahun. Untuk itulah, warga tetap diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

drg Rahminingrum

“Ingat, tetap pakai masker bila keluar rumah atau di area publik. Rajin cuci tangan dan jaga jarak (physical distancing). Jangan karena kasus menurun, masyarakat jadi lalai,” katanya mengingkatkan.

Selain penegakan prokes, Pemkot mulai memberlakukan penggunaan aplokasi PeduliLindung di pusat perbelanjaan, mall, hotel, restoran dan perkantoran. Di sisi lain, pihaknya juga menggenjot cakupan vaksinasi.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 58 tahun 2021, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kendari masih berada di level II. Namun status PPKM berpeluang turun. Dari hasil penilaian Kemenkes tanggal 13 November lalu, Kendari masuk kategori level I. (b/mg4)

Tinggalkan Balasan