Kapolda Siap Sinergi Semua Elemen

KENDARIPOS.CO.ID — Perlahan tapi pasti Irjen Pol Teguh Pristiwanto menunaikan tugasnya sebagai Kapolda Sultra. Ia memulainya dengan menjalin sinergi dengan semua elemen di Sultra, termasuk dengan insan pers. Sinergisitas yang dibangun sang Kapolda bermuara untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah dan terciptanya Kamtibmas di Sultra.

Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto didampingi Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Agono, para para pejabat utama dan Kabid Humas Kombes Po Ferry Walintukan menjamu insan pers di Auditorium Dharayana Lastarya Polda Sultra, Rabu (17/11) kemarin. Dalam kegiatan yang dikemas dalam coffee morning itu, Kapolda mengatakan wartawan adalah salah satu pilar yang penting dalam mengedukasi masyarakat.

Selain turut menyampaikan program-program pemerintah, wartawan dituntut bisa memberikan kritik konstruktif yang membangun. Sehingga bisa tercipta keseimbangan atau stabilitas dalam berbangsa dan bernegara. “Pers merupakan salah satu pilar dalam berbangsa dan bernegara. Perannya sangat dibutuhkan dalam mengawal napak tilas pembangunan bangsa. Terutama menyampaikan berita yang memberi dampak positif di tengah masyarakat dan menangkal informasi palsu yang beredar di dunia maya maupun di dunia nyata,” kata Irjen Pol Teguh Pristiwanto, kemarin.

Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto

Mantan perwira tinggi Badan Intelijen dan Keamanan Mabes Polri itu mengajak insan pers sebagai mitra Polri agar mendukung program pemerintah daerah dalam rangka memajukan dan menyejahterakan masyarakat Sultra dengan menyuguhkan pemberitaan yang positif. “Coffee morning ini sebagai ajang silaturahmi dan berbagi informasi sekaligus saya sebagai Kapolda baru untuk memperkenalkan diri supaya terjalin hubungan yang lebih baik bersama awak media,” ungkapnya.

Menurut Kapolda Irjen Pol Teguh Pristiwanto, insan pers berperan vital dalam menopang kemajuan bangsa. Posisinya sangat strategis dalam mengawal proses berjalannya roda pemerintahan. Di tengah posisinya yang sentral tersebut, insan pers dituntut kuat ikut andil mendukung dan mengawal derap langkah pemerintah. Terutama membantu memutus mata rantai covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Ia menjelaskan, ada dua tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini yang perlu disikapi bersama. Yakni penanganan covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional. Terkait hal itu, ia mengimbau kepada para insan pers untuk tidak lelah dalam memberikan, meyuarakan tentang pentingnya protokol kesehatan.“Saya berharap kepada para insan pers yang ada di Sultra, agar terus konsisten menggaungkan pentingnya disiplin prokes. Sebagai upaya memutus mata rantai covid-19,” tutup Irjen Pol Teguh Pristiwanto.

Di tempat yang sama, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari, Rosniawanty Fikri mengatakan, sejauh ini hubungan kemitraan media massa dengan Polda Sultra harmonis. “Terkait sengketa pers, kita harapkan pihak kepolisian tetap mengacu kepada MoU Polri dengan Dewan Pers. Artinya, sengketa pers diselesaikan melalui Dewan Pers,” kata Rosniawanty. (ali/b)

Sengketa Pers Diselesaikan Melalui Dewan Pers

Tinggalkan Balasan