–Menjaga Kamtibmas, Dorong Pemulihan Ekonomi


KENDARIPOS.CO.ID — Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto punya latar belakang intelijen. Dengan latar belakang itu, bisa jadi sang kapolda sudah khattam soal pemetaan situasi dan kultur sosial masyarakat sebuah wilayah. Meski baru sehari menjejak bumi Sultra, Kapolda Irjen Pol Teguh Pristiwanto sudah punya referensi tentang keamanan di Sultra.

Pengganti Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya itu menegaskan komitmennya untuk berkontribusi mendukung kemajuan Sultra. Kontribusi itu dimulai dengan meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) hingga mendorong pemulihan ekonomi. Bagi jenderal yang pernah bertugas di Badan Intelijen Negara (BIN) itu, terciptanya Kamtibmas sangat penting di tengah heterogenitas masyarakat.

Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto (dua dari kiri) didampingi Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Waris Agono (kiri) disambut dalam upacara jajar kehormatan di Mapolda Sultra, Jumat (12/11) kemarin. MUH.AKBAR ALI / KENDARI POS

Kamtibmas sebagai tonggak dasar keberlangsungan tatanan dalam berbangsa dan bernegara. “Meningkatkan Kamtibmas sangat penting, agar derap langkah pembangunan daerah, laju perekonomian, dan ketertiban di tengah masyarakat senantiasa terjaga,” kata Kapolda Irjen Pol Teguh Pristiwanto usai pisah sambut Kapolda di Mapolda Sultra, Jumat (12/11) kemarin.

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 itu akan melanjutkan program kerja yang sudah dirintis koleganya, Irjen Pol Yan Sultra yang dipercaya menjadi Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Salah satunya adalah pembangunan gedung Subdit III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sultra.

Selain itu, Kapolda Irjen Pol Teguh Pristiwanto fokus pada penegakan hukum yang adil, penuntasan kasus yang masih bergulir dan lain-lain. Termasuk program pengentasan atau memutus mata rantai pandemi Covid-19. “Butuh sinergi dan akselerasi bersama agar berbagai program yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik. Kita kuat karena bersatu,” ujarnya.

Sementara itu, mantan Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Bumi Anoa (Sebutan untuk Sultra) dan jajaran Polda Sultra yang telah bersama-sama dalam kurun 14 bulan. Irjen Pol Yan Sultra menyadari masih banyak kekurangan dalam menjalankan kepemimpinan Polda Sultra.

“Setiap perjalanan yang ditempuh pasti ada akhirnya. Sama halnya dengan jabatan. Tak selamanya melekat. Subtansi jabatan adalah amanah yang menuntut persembahan karya atau pelayanan terbaik,” kata Irjen Pol Yan Sultra, kemarin.

Irjen Pol Yan Sultra yang kini menjadi Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, meminta kepada jajaran Polda Sultra agar lebih bersemangat bekerja dan melayani masyarakat bersama Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto. Bekerja setulus hati tanpa pamrih.

“Pertama kali diamanahkan sebagai Kapolda Sultra (Agustus 2020), saya diperhadapkan dengan tantangan yang dinamis. Karena dihadapkan dengan situasi sosial masyarakat seperti demonstrasi yang anarkis, kasus pertambangan dan lain-lain. Tentu ini menjadi ujian agar bekerja profesional dan berintegritas,” jelas Irjen Pol Yan Sultra.

Usai upacara pisah sambut, Irjen Pol Yan Sultra pamit meninggalkan Mapolda Sultra. Ia diantar langsung Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto hingga pintu gerbang Markas Polda Sultra. Tabur bunga dan parade pedang pora, mengiringi pamitan Irjen Pol Yan Sultra. Selamat bertugas di Polda Kepulauan Babel, Jenderal. (ali/b)

Bekerja Setulus Hati Tanpa Pamrih

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.