FOTO: MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS
Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah), menyerahkan piala bergilir kepada juara umum MTQ V Korpri tingkat Nasional asal Kalimantan Selatan, di dampingi Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrullah (kiri), di Pelataran Tugu MTQ Kendari, Jumat (19/11).

–Sumatera Barat Tuan Rumah MTQ VI Korpri 2022

KENDARIPOS.CO.ID– MTQ V Korpri tingkat nasional berakhir tadi malam. Kafilah Kalimantan Selatan (Kalsel) kampiun. Gelar juara umum dan piala bergilir diboyong ke Kalsel. Tuan rumah Sultra berada di peringkat enam dalam 10 besar. MTQ V Korpri nasional ditutup Gubernur Sultra, Ali Mazi di kawasan MTQ Square.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengaku bangga, bahagia, dan terharu atas momen yang terjadi selama pelaksanaan kegiatan MTQ V Korpri. Karena menggambarkan betapa kuatnya komitmen bersama, untuk menyukseskan kegiatan. Panitia pusat dan daerah terjalin sinergi yang harmonis dan tercipta jalinan kekuatan kekompakan demi lancarnya seluruh rangkaian kegiatan.

“Bahu membahu tanpa kenal lelah. Siang dan malam bekerja keras, mengemas serta mempersiapkan kegiatan ini agar berjalan dengan baik dan lancar. Demikian pula antusias kesungguhan yang ditunjukan semua kafilah, mengikuti kegiatan ini. Meskipun di tengah keterbatasan sebagai tuan rumah. Termasuk keadaan cuaca dalam beberapa hari ini kurang bersahabat,” kata Gubernur Ali Mazi saat menutup MTQ V Korpri, Jumat (19/11) malam.

MTQ Korpri tingkat nasional di Sultra, kata dia, merupakan berkah bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Karena memberi dampak positif bagi pembangunan daerah. Sebagai contoh, hadirnya kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia telah memberikan kesempatan ruang bagi pemerintah daerah di Sultra untuk mempromosikan berbagai potensi daerah. “Seperti potensi pariwisata dan potensi-potensi lainnya. Sehingga semakin dikenal oleh masyarakat di seluruh nusantara,”ujarnya.

Selain itu, juga memicu tingkat perputaran uang di Sultra khususnya di kota Kendari. Seperti, peningkatan jumlah hunian hotel, penginapan, meningkatnya penjualan hasil olahan industri kecil, dan meningkatnya pengunjung warung makan. Hal tersebut berdampak pada lajunya perputaran roda perekonomian masyarakat.

“Sehingga, sekiranya tidak salah jika dikatakan, bahwa kegiatan MTQ V Korpri nasional di Sultra terbilang sukses. Sukses dari sisi penyelenggaraan, dan sukses memberi kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan masyarakat,” imbuh Gubernur Sultra dua periode itu.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah menyampaikan penyelenggaraan kegiatan sangat all out, rapi dan koordinasi antar panitia pusat dan lokal sangat baik dan luar biasa. “Terima kasih atas jamuan dan pelayanan terbaik dari Pemprov Sultra. Ini akan menjadi cerita dan pembelajaran penting bagi tuan rumah MTQ Korpri ke depan,” kata Zudan Arif Amrullah.

Ia mengungkapkan, terdapat empat provinsi yang bersedia sebagai tuan rumah MTQ VI Korpri tahun 2022. Setelah digelar penilaian, dewan juri memutuskan Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah MTQ VI Korpri tahun 2022. “Sementara untuk Pekan Olahraga Nasional Korpri bakal diselenggarakan di Jawa Tengah tahun 2023. Kepada provinsi yang telah ditunjuk, mohon menyiapkan penyelenggarannya,” tandasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Nuryakin mengapresiasi penyelenggaraan MTQ V Korpri tingkat nasional di Sultra. Menurutnya, Sultra sangat siap menggelar event dua tahunan ini. Tidak hanya kesiapan menyelenggarakan lomba, namun juga pelayanan terhadap tamu dan peserta. Sejak tiba di Kendari hingga jelang penutupan, Nuryakin dan rombongan mendapat pelayanan yang begitu memuaskan. Makanya, ia merasa seperti di kampung sendiri.

“Saya salut akan keramahan warga Sultra. Selama penyelenggaraan MTQ Korpri berlangsung, kami benar-benar dilayani. Setiap ke lokasi pertandingan dan keperluan lainnya, kami dibantu dan difasilitasi. Khusus jajaran tim kantor Balitbang Sultra yang dipimpin Hj.Isma, kami mengucapkan terima kasih. Saat tiba, kami dijemput di bandara dan dilayani sebaik mungkin. Saya kira, MTQ Korpri kali ini sangat berkesan,” kata Nuryakin yang ditemui saat penutupan MTQ V Korpri nasional di pelataran MTQ Square, Kota Kendari, tadi malam. (ali/b)

Tinggalkan Balasan