MTQ V Korpri Nasional Dibuka Wamenag

KENDARIPOS.CO.ID– Kalam ilahi bergema di Bumi Sultra. Ayat-ayat Al Qur’an akan dilantunkan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 34 provinsi dan 32 kementerian serta lembaga tinggi negara. Mereka berlaga menjadi kampiun dalam Musabaqah Tilawatil Quran V Korps Pegawai Republik Indonesia (MTQ V Korpri) tingkat nasional. MTQ V Korpri momentum membumikan Al-Qur’an dan Sultra menjadi berkah.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan terbentuknya sumber daya manusia (SDM) berkualitas tak bisa dipisahkan dari nilai-nilai agama. Bangsa Indonesia, lahir dan tumbuh bersama nilai-nilai agama yang sangat nyata berkontribusi terhadap pembangunan. Agama dan negara saling mengisi dan menyempurnakan. “Bangsa Indonesia hari ini tetap kokoh, tumbuh, dan berkembang, hasil dari sinergi agama dan negara,” kata Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi saat membuka seremoni MTQ V Korpri tingkat nasional di Kota Kendari, Minggu (14/11) malam.

Wakil Menteri Agama Republik Indonesia H. Zainut Tauhid Sa’adi (dua dari kanan), Gubernur Sultra Ali Mazi (tiga dari kanan), Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas (tengah), Ketua Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh (kanan), Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh (tiga dari kiri), melambaikan tangan pada peserta Defile Korpri dalam giat pembukaan MTQ-V Korpri Tingkat Nasional, di Lapangan Eks-MTQ Kendari, Minggu (14/11).

Wamenag menjelaskan, penyelenggaraan MTQ V Korpri tahun 2021 di Kota Kendari sangat sarat makna. Jazirah Sultra menjadi satu bagian dasar berkembangnya Islam di Indonesia bagian timur. Di sini lahir Kesultanan Buton yang begitu kokoh. Jejak Kesultanan Buton, memberikan spirit yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Islam begitu indah membumi, tanpa harus menafikan nilai-nilai kearifan lokal. Islam membumi dan memberi warna yang indah dalam bingkai keharmonisan masyarakat Sultra.

“Dari MTQ Korpri ini, kita berharap ASN tumbuh, dan memberi warna bagi keragaman, untuk persatuan Indonesia. Spirit Al-Qur’an adalah motivasi terbaik untuk menjadi abdi negara yang moderat, toleran, dan penuh dedikasi,” ujar Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi.

Sultra bukan saja indah alamnya, namun juga rukun masyarakatnya. Sangat tepat, jika MTQ V Korpri ini diselenggarakan di Sultra. “Karena itulah, mari jadikan momentum ini sebagai semangat pengabdian bersama bagi bangsa dan negara,” tutupnya.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, menoleh sejarah pelaksanaan MTQ, ketika itu tahun 2006, Sultra dipercaya sebagai tuan rumah. Tugu Religi MTQ menjadi saksi sejarah atas pelaksanaannya. Dari kilas balik sejarah tersebut, menjadi isyarat bahwa, pelaksanaan MTQ memberi dampak nilai-nilai positif bagi kemanfaatan di tengah masyarakat dan pembangunan daerah.

“Momentum MTQ ke V Korpri, adalah ajang mempererat silaturahmi, persaudaraan, dan keharmonisan sesama ASN. Sehingga tercipta akselerasi dan energi yang kuat yang bermuara untuk kemaslahatan dan kemajuan bangsa Indonesia,” kata Ali Mazi dalam sambutan pembukaan MTQ V Korpri tingkat nasional, tadi malam. (ali/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.