HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
BIMTEK : Sekab Konut, H.M. Kasim Pagala (depan) saat memimpin evaluasi terhadap penajaman program dalam mendorong OPD mencapai target Sakip 2021 menuju predikat BB dari KemenPAN-RB.

KENDARIPOS.CO.ID– Evaluasi terhadap hasil bimbingan teknis (Bimtek) sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Sakip) pada tahun 2021 yang digelar Pemkab Konawe Utara (Konut) di Jakarta beberapa waktu lalu, dilakukan.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konut, H. M. Kasim Pagala, kembali menegaskan komitmen Pemkab dalam misi meraih predikat Sakip menjadi BB pada tahun ini. Makanya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dituntut proaktif untuk mencapai target tersebut. “Dengan adanya evaluasi pengukuran kinerja pada semua instansi pemerintah lingkup Pemkab Konut dapat mendorong peningkatan kualitas implementasi akuntabilitas kinerja dalam mewujudkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran,” tegas mantan Kadis DPPKB Konut itu, Jumat (12/11).

“Jenderal” ASN Konut tersebut menyampaikan, tujuan evaluasi Sakip yang dilakukan adalah penajaman terhadap kinerja tahun 2021-2026 dengan menggunakan logic model. Sehingga dapat menjabarkan kinerja organisasi ke level individu.

Secara umum evaluasi dan review yang diselenggarakan agar seluruh instansi maksimal melaksanakan program kerja. Mulai dari perjanjian kinerja perencanaan hingga penganggaran, benar-benar menyasar dan menargetkan kinerja untuk mencapai visi-misi pembangunan daerah dalam RPJMD. “Seluruh instansi yang ada dan admin yang mengerjakan harus benar-benar serius dan fokus pada target. Kita wajib mencapai visi-misi yang ada dalam RPJMD dengan program kinerja instansi sampai pada program kinerja individu yang benar-benar terukur,” instruksi H. M. Kasim Pagala.

Sebelumnya, Bupati Konut, Ruksamin, dalam bimtek Sakip di Jakarta Pusat memberikan penegasan agar pada tahun 2021 ini Pemkab dapat naik predikat BB. “Tahun 2020 kita meraih predikat B dari KemenPAN-RB. Sehingga pada 2021, harus lebih meningkat lagi,” kata Bupati dua periode itu. Makanya, Ketua DPW PBB Sultra memberikan penegasan pada seluruh OPD berkolaborasi menyusun program kinerja dengan menyasar visi-misi Konasara jilid II tahun 2021-2026. (b/min)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.