Prof. Dr. Faizah Awad, M.Pd.

-Hingga Tahun 2023

KENDARIPOS.CO.ID– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menargetkan peningkatan akreditasi Program Studi secara menyeluruh dan terukur pada tahun 2022. Komitmen peningkatan grade akreditasi dimulai dengan menyelenggarakan kegiatan review program dan anggaran senilai Rp 69 miliar diawal November lalu. Bahkan tahun 2023 , IAIN ditargetkan tak ada lagi Prodi yang terakreditasi C. 

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., mengatakan saat ini program sarjana di IAIN terdapat empat fakultas dengan 23 Program studi. Dimana satu program studi yang ada di IAIN Kendari telah berhasil meraih akreditasi A, sementara 14 terakreditasi B dan delapan Prodi terakreditasi C.

“Target kita pada tahun 2023 nanti sudah tidak ada lagi Prodi yang terakreditasi C. Kita fokus meningkatkan mutu agar Prodi yang terakreditasi A atau unggul jumlahnya bertambah sebab hal itu akan memberi peluang peningkatan grade akreditasi institusi,” kata Prof. Faizah Binti Awad, Selasa (9/11). 

Dia mmenjelaskan sebelumnya review telah dilakukan  oleh tim yang terdiri dari rektor, ketua senat, wakil rektor, dan Ketua Satuan Pengawas Internal IAIN Kendari. Dalam review ini masing-masing fakultas, lembaga dan unit mempresentasikan program dan anggaran lalu ditinjau dengan mengacu pada kebijakan dan keriteria penilaian akreditasi. 

“Tentunya untuk mencapai target yang diharapkan perlu adanya komitmen bersama dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) agar penggunaan anggaran tahun 2022 menghasilkan output yang berperan dalam peningkatan akreditasi Prodi maupun institut, sehingga target tanpa akreditasi C di 2023 bisa tercapai, “ucapnya.

Ia pun berharap agar target yang ada saat ini harus menjadi tujuan bersama sebagai upaya peningkatan grade akreditasi institusi. “Target kita bisa tercapai bila kita semua seluruh sivitas akademika IAIN Kendari bekerja bersama mencapai tujuan, baik rektor, dosen, staf maupu seluruh mahasiswa IAIN Kendari. Kita berharap seluruh capaian target yang kita dorong dapat terwujud,” tandasnya. (rah/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.