-Didesain Minimalis, Utamakan Kenyamanan

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D bakal dimulai November ini. Rencananya, groundbreaking akan dipimpin langsung Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Keberadaan fasilitas kesehatan (Faskes) di kawasan Puuwatu itu untuk mengantisipasi keterbatasan ruang perawatan terutama di masa pandemi.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan pembangun RS type D tinggal menunggu proses administrasi. Jika sudah clear, pengerjaannya akan segera dimulai. “Tidak bisa lagi lama-lama. Ini (Pembangunan RSUD) tinggal menunggu hari,” kata Sulkarnain Kadir kemarin.

RSUD tipe D memiliki nilai strategis bagi Pemkot Kendari khususnya pada sektor kesehatan. Pasalnya, RS yang dibangun melalui pinjaman PT.Sarana Multi Infrastruktur (SMI) akan mendukung RSUD Kota Kendari. RSUD Tipe D nantinya akan diperuntukkan khsusus bagi pasien yang terpapar Covid-19 maupun pasien yang terpapar virus lainnya.

“Kalau kita punya dua RS, kita bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Hika terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, bisa kita fungsikan salah satunya, khusus untuk menangani penyakit khusus akibat virus dan satunya bisa menanagani penyakit umum,” ujarnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengaku sengaja mendesain RS sesederhana mungkin (minimalis) namun tetap mengutamakan kenyamanan masyarakat yang datang berobat.

“Konsepnya minimalis, dekorasi RS kita buat sederhana. Dibuat tiga lantai, satu lantainya dibangun ke bawah. Kebetulan juga pembangunannya di Puuwatu samping kantor KPU Sultra. Di sana lingkungannya masih asri, masih hijau. Jadi kita akan buat pasien merasa nyaman. Kalau mereka nyaman pasti akan cepat sembuh,” kata Sulkarnain Kadir.

Selain bisa melayani masyarakat yang terpapar virus, hadirnya RSUD Tipe D diyakini mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekira Rp 20 – Rp 35 miliar setiap tahunnya. “Tidak hanya bisa memberikan pelayanan kesehatan, hadirnya RS ini menjadi sumber pendapatan baru bagi daerah,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kendari, Subhan menyambut baik rencana pembangunan RSUD tipe D. Menurutnya, kehadiran rumah sakit baru itu nantinya akan melengkapi faskes di Kota Kendari. “Kalau banyak RS tentu sangat baik. Apalagi melihat jumlah penduduk Kota Kendari yang terus mengalami peningkatan. Ini tentu harus disokong dengan keberadaan faskes,” kata Subhan. (b/ags)