Dorong Tingkatkan Daya Literasi Masyarakat


KENDARIPOS.CO.ID — Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari misalnya menghadirkan pondok baca sekaligus menjadi sekretariat bersama. Peresmian pondok baca turut dihadiri Ketua GPMB Pusat, Tjahjo Suprajogo.

Ketua GPMB Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, kehadiran sekretariat sekaligus pondok baca merupakan salah satu bagian dari program kerja dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. “Kemampuan minat baca dan literasi masyarakat Kota Kendari sudah semakin baik sehingga perlu ditingkatkan,” kata Sri Lestari usai meresmikan pondok baca di Kelurahan Bende, kemarin.

Ia berharap hadirnya pondok baca akan semakin memudahkan masyarakat meningkatkan kemampuan literasinya dengan membaca beragam buku yang tersedia. Untuk saat ini, jumlah buku memang masih terbatas. Namun pihaknya akan terus menambah koleksi buku.

Ketua GPMB Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain (paling kanan) didampingi Ketua GPMB Pusat, Tjahjo Suprajogo (pakai jas) menandatangani prasasti pondok baca sekaligus sekretariat bersama, kemarin. Kehadiran pondok baca diharapkan bisa meningkatkan daya literasi masyarakat. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)

Istri Wali Kota Kendari ini yakin meningkatknya literasi dan minat baca akan menjadikan masyarakat semakin cerdas dan muaranya pada kesejahteraan. Di sisi lain, upaya meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat juga sejalan dengan visi Pemkot Kendari yang menginginkan Kendari menjadi kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi.

“Agar bisa terwujud, ada tiga milestone tolok ukur dari GPMB yang harus dicapai yaitu menata organisasi, meningkatkan kualitas dan kuantitas dari program yang ada serta membangun jejaring,” kata Sri Lestari.

Bunda PAUD Kota Kendari ini mengajak seluruh stakeholder terkait, terutama Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora), Dinas Perpustakaan, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bisa bersinergi mensukseskan program ini. Untuk menyelaraskan dengan visi Pemkot sekaligus meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua GPMB Pusat, Tjahjo Suprajogo menyambut baik kehadiran pondok baca yang digagas GPMB Kota Kendari. Menurutnya, program tersebut sangat positif dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan minat baca masyarakat. Terlebih saat ini, tingkat literasi masyarakat Kota Kendari masuk 10 besar nasional.

“Dipimpin istri Wali Kota Kendari, Sri Lestari tentu kita harap bisa meningkatkan apa yang sudah dicapai. Pengurus harus lebih bergerak meningkatkan literasi masyarakat,” kata Tjahjo. (b/ags)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.