Rahmah/Kendari Pos
Penandatanganan MoU antara kepala SMKN 1 Kendari, Drs Ali Koua dengan pihak Claro dan Horizon yang disaksikan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMK dan PKLK Dikbud Sultra, Kamarudin Raiya.

KENDARIPOS.CO.ID– SMKN 1 Kendari baru saja teken Memorandum  of Understanding (MoU) dengan pihak perhotelan (Hotel Claro dan Horizon). Kemitraan ini dibangun sebagai upaya peningkatan kompetensi siswa dan guru. Selain itu, jalinan itu juga diharapkan untuk menjamin para alumni menjadi prioritas dalam penerimaan pegawai di dunia usaha dan industri tersebut. 

Kepala SMKN 1 Kendari, Drs. Ali Koua mengatakan sekolah dikatakan SMK bila memiliki mitra kerja dengan dunia usaha dan industri. Membangun  kemitraan dengan dunia usaha dan industri ini, merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan  kompetensi siswa dan guru. 

“Melalui MoU ini para siswa juga mampu  menyempurnakan pengetahuan kerja, dan keterampilan kerja, sebab usai MoU para siswa diharapkan dapat didaftarkan di dunia usaha dan industri itu ketika melaksanakan PKL maupun dalam perekrutan pegawai, ” kata Ali Koua, kemarin. 

Lanjut dia, sebelum MoU pihaknya telah melakukan kunjungan di Hotel Claro dan Horizon terkait peluang para siswa SMKN 1 masuk dan direkrut dalam perkantoran yang ada di dua hotel tersebut. Terlebih dua hotel ini memiliki kantor untuk tenaga akuntan, tenaga perkantoran, TKJ dan marketing yang semuanya ada di jurusan SMKN 1 Kendari. Pihak Claro dan Horizon pun menyanggupi hal itu.

“Insya Allah salah satu yang menjadi bagian komitmen kita dalam MoU, selain tempat praktik kerja lapangan siswa dan pengembangan kompetensi guru, terpentung ada prioritas utama penerimaan pegawai bagi para alumni SMKN 1 Kendari di dunia usaha dan industri terutama di Hotel Claro dan Horizon. Sehingga para alumni kita akan menjadi prioritas penerimaan,” ungkapnya.

Ali Koua pun menjelaskan selama ini SMKN 1 Kendari intens membangun kemitraan khususnya dalam upaya pelaksanaan PKL bagi siswa SMK. 

 “Sebelumnya sudah ada sekira 25  mitra kerja yang sudah lebih awal bermitra dengan kita. Terbaru, kita baru saja menambah dua mitra lagi sehingga sudah ada kurang lebih 27 mitra kerja. Semoga dengan banyaknya mitra kerja ini dapat mendorong peningkatan kompetensi dan perekrutan alumni  SMKN 1 Kendari dalam dunia kerja. Ini yang terus kita dorong,” pungkasnya. (rah/b)